Blogger Template by Blogcrowds and Blogger Styles

.

Andryos Aryanto - Debo Idola Cilik 2

Okey, saya mau cerita tentang seorang anak yang lagi-lagi benar-benar membuat hidup saya teralihkan (setelah Verrys Yamarno).

Tentu kalian tau program anak-anak di RCTI yang telah booming sejak kemunculannya yaitu IDOLA CILIK. Sejak Idola Cilik tayang di televisi, saya selalu mengikuti perkembangannya. Entah karena apa? Mungkin karena saya menyukai dunia anak-anak yang menurut saya penuh dengan kesenangan, kejujuran dan kepolosan, dan mungkin juga karena cita-cita saya sejak kecil untuk menjadi pendidik.
Mulai dari Idola Cilik Seleb. Saya tak pernah ketinggalan untuk menyaksikannya. Hingga digelarnya audisi untuk anak-anak di Indonesia yang kemudian program tersebut menjadi Idola Cilik 1. Di Idola Cilik 1, saya pun kagum dengan bakat dan kemampuan anak-anak Indonesia. Tak hanya pandai bernyanyi dan memiliki suara indah. Tetapi juga improvisasi dan aksi panggung serta sikap dan kepribadian mereka yang santun. Meski tidak sampai membuat saya "kalap" tetapi saya mengagumi Goldi, Zahra, Gabriel, Ify dan Kiki di Idola Cilik 1. Hingga akhirnya Kiki yang menjadi juara di Idola Cilik 1. Tak lama kemudian, sekitar akhir tahun 2008, kembali digelar ajang Idola Cilik, yaitu Idola Cilik 2.
Mungkin karena saat itu pikiran saya masih terpaut pada Ujian Nasional dan Perguruan Tinggi Negeri yang harus saya raih dan juga karena saat itu saya masih "tergila-gila" dengan Laskar Pelangi cast terutama adik saya tercinta *PEDEEEEE wkakaka* VERRYS YAMARNO, saya kurang mengikuti perkembangannya, karena setiap senin hingga jumat saya sekolah hingga pukul 3 sore, sedangkan sabtu dan minggu saya harus bimbel di NF untuk bimbingan UN dan masuk PTN.
Akan tetapi suatu hari *waktu itu sabtu atau minggu saya lupa, pokoknya saya mau berangkat les*, ketika saya akan mengambil kunci motor dan berangkat NF. TV yang memang sejak tadi menyala dengan channel RCTI dan programnya Audisi Idola Cilik 2, tiba-tiba memperdengarkan suara indah dan khas yang membuat saya menghentikan langkah saya ketika akan mengambil kunci motor saya. Saya berlari ke depan TV dan melihat siapa gerangan yang bernyayi...*kok bahasa eke lebaiiii begindang...tapi ini beneran loh!* Ternyata, seorang anak kecil mengenakan kaos oblong putih yang di dadanya di kasih nomer dada ICB026 dan menyanyikan lagu AKU MAU milik ONCE. "Subhanallah...ya Allah keren banget suaranya." itu ucapan yang keluar dari mulut saya ketika itu sambil menutup mulut saya yang sudah menganga! Ternyata anak ini dari Bandung dan bernama DEBO *waktu itu belum tau nama panjangnya*.
lihat deh... senyumnya ikhlas banget yaaaa. anak-anak banget


mau punya adek kayak giniiii...hehe

Dan ternyata anak ini sungguh luar biasa. Tegar dan kuat, 4 tahun ditinggal sosok ibu bukanlah hal mudah bukan.?! Saya sendiri enggak akan kuat kalau ibu saya meninggalkan saya sehari saja. Tapi dia bisa menjalaninya, bahkan ikut membantu kakek dan neneknya jualan bakso. DAN TAHUKAN KALIAN??? saat itu saya menangis!!! terharu dan kagum dengan kesederhanaan dan ketegaran anak ini, apalagi saat mamah ira dan kak winda bertanya padanya dan saat dia mengatakan bahwa ia begitu merindukan mamahnya dan ingin berkumpul lagi dengan mamahnya. ANDRYOS ARYANTO, nama itu yang akhirnya saya tahu bahwa itulah nama lengkapnya. Dan dia berhasil untuk melanjutkan perjuangannya di Menuju Pentas Idola Cilik 2. Sejak saat itu, saya berkeyakinan bahwa anak ini akan menjadi juara Idola Cilik 2 meneruskan Kiki.
Hari-hari terus berlalu, saya tidak pernah menyaksikan perjuangannya di Menuju Pentas karena ketidakmampuan saya untuk meninggalkan ilmu yang lebih berguna untuk saya. Tetapi, ibu saya yang selalu di rumah, saya minta untuk menyaksilan acara Menuju Pentas Idola Cilik 2 stiap harinya, dan saya pun menanyakan setiap harinya apakah ada anak bernama Debo yang terus lolos. Dan jawaban ibu, Debo selalu lolos *kalo ada Debonya*.
Sampailah pada hari dimana saya tidak les karena les llibur dan saya pun menyaksikan apakah Debo masuk ke pentas Idola Cilik 2. Tepat sekali waktu itu hari minggu, dan pesertanya itu Debo, Cakka, satu lagi cewek tapi lupa namanya. Dan ternyata Debo lolos dan bisa masuk ke 14 besar menempati bintang ke-13. Sungguh senang, amat senang. hehehe
Mulailah masuk ke Pentas Idola Cilik 2. Tetapi, saya justru tidak bisa menyaksikan penampilannya di setiap minggunya. Lagi-lagi karena saya tidak dapat meninggalkan kegiatan bimbel yang saya ikuti. Terus-menerus begitu setiap sabtu dan minggu, jika saya tidak les pun, saya tetap tidak dapat menyaksikan penampilannya, karena saya mengikuti lomba dari pagi sampai sore *tetapi saya tetap doa dan sms meskipun mungkin belum seberapa smsnya*. Tapi Alhamdulillah, Debo terus menerus melaju ke tahap serikutnya. Hingga akhirnya pada saat 5 besar, saya mulai bandel. Teman saya yang les bersama saya pun ikut-ikutan bandel, karena dia juga mengagumi bocah luar biasa ini.
Kami pun bolos les. Kadang karena kami pusing lah. Atau terkadang karena try out, kami ikut try out susulan. Kadang minggu pagi atau kamis dan jumat sore. Sehingga sabtu dan minggu siang kami bisa standby di depan TV mantengin DEBO. hehehehehe
Mulai dari babak 5 besar inilah, saya makin terkagum-kagum dengan anak ini. Lama tidak mendengar suaranya, Debo semakin memiliki suara yang berbeda dengan peserta lainnya *ini menurut saya, so, jangan protessss yaaa!*. Tak hanya suaranya yang semakin matang dan vibranya yang semakin terasah, aksi panggungnya pun amat sangat memukau hati saya. Waktu itu dia duet sama Gabriel Idola Cilik 1 menyanyikan lagu Sang Penghibur. Waaaaahh... no comment deh. Ingin raanya menyaksikan langsung dari studio 4 RCTI. Bahkan saya sempat mencari-cari dan menanyakan bagaimana caranya nonton langsung untuk dukung Debo. Saat saya sudah dapat tiketnya, saya malah gak bisa karena tidak diizinkan oleh ayah dan ibu.
Masuk ke babak 4 besar, saya kembali tidak les. Bahkan saat itu, saya, ibu, ayah dan kka perempuan saya yang sama0sama menyaksikan Pentas Idola Cilik 2 beradu pendapat. Ketika Debo tampil, saya histeris sendirian. Ayah sempat bertanya "itu siapa?" Dengan bangganya saya jawab "Debo, keren kan Yah! Harus masuk Grand Final nih Yah!". Ayah lalu menanggapi "Iya, entar jadi juara dia!". Aje gile si Ayah, enak banget ngomong. Tiba-tiba mba Elluth *kka saya* nyeletuk "Dukung dong Yah! Biar juara! Kan pulsa ayah gratisan...". Wewww...tambah bingung saya, tumben amat pada begini. "Tuh, sms aja sana!" Hah?????serius niiih??? Dengan sigap saya mengambil HP ayah. "Serius Yah?!". "Iya sono..!" Aaaaarrrgghhh..girang bukan kepalang. Saya pun langsung sms, gak tau deh berapa banyak sms yang saya kirim. Pokoknya yang penting Debo aman. hehehe eh malah nomer 1 polling akhirnya...cihuyyyyy. Obiet pun keluar.
Babak 3 besar begitu juga. Ayah memperbolehkan saya untuk mengirimkan sms untuk dukung Debo. Dan kembali lagi Debo lolos. Dan Rahmi harus pulang.
Akhirnyaaaaaaaaaa....bener kan apa yang saya bilang dari pertama liat Debo. Ini anak harus nerusin Kiki. Dan bener, dia masuk GF... Eitttzz....tapi tunggu, dia masuk GF juga atas usaha dan perjuangannya serta kemampuannya yang memang luar biasa! Bukan sekedar sms dari pemirsa, meskipun sms juga tetep paling menentukan.
Saat GF berlangsung, vote terus menerus berubah setiap harinya selama 2 minggu. Dan memang Debo lebih sering kedua daripada Patton pesaingnya yang juga hebat. Tadinya saya sudah mendapatkan tiket untuk nonton live di MKG, tapi lagi-lagi ayah gak izinin. "Gak usah. Kalo mau dukung sms aja di rumah!" Hm....ya udah gak apa apa deh. Padahal udah dapet tiket. huhuhuhuhuhu. Saat Pentas GF, Debo tampil memukau, luar biasa, keren, amazing, apalagi ya?! pokoknya semua lengkap-kap-kap deh! Begitu pula saat tampil di Rapot GF, Debo makin terlihat keren...
Gaya anak-anaknya tetap ada, suaranya khas, manis, aaarrrggghhh pokoknya Debo memang layak jadi juaranya. Dan hari itu, jadi hari paling menegangkan, gak cuma buat Debo ataupun keluarganya. Tapi juga buat semua Sobaddebo dan saya juga. Entah berapa banyak sms yang sudah saya kirimkan, sampai jari tangan saya sakit. Ayah gak tau berapa banyak sms yang udah saya kirim. Saat pemberitahuan bahwa posisi sms sementara Debo di bawah, ibu nyuruh saya untuk sms lagi. "SMS lagi...entar Debo kalah!". "Udah banyak banget ibu..entar kalo ayah marah." jawab saya takut. "Udah si gak apa-apa, ayah gak tau ini!" lanjut mba Elluth. "Entar kalo ayah marah, Ibu sama mba ikut belain yah! Kan ibu sama mba juga nyuruh." jawab saya menyerah. Karena saya juga gak mau Debo kalah. Entah itu berapa SMS yang udah saya kirim ke RCTI. Yang jelas pas Ayah dapet tagihan dari telkomsel, itu tagihan berentet SMS utnuk ke 6288 dan menghabiskan sekitar 4.000.000 lebih. hahahahaha maafkan anakmu ini Ayah. Aku benar-benar kalap. Hehehehe. Abis, tinggal selangkah lagi coba, masa udah di GF harus kalah. Akhirnya saya perang sms lagi dengan banyak penggemar Patton rasanya. Sampai akhirnya SMS pun ditutup oleh kak Oki. Dan gak lama kemudian, pengumuman siapa yang menjadi IDOLA CILIK 2 pun dapat diketahui.
Dannnnn....pati udah tau lah ya....
DEBO, kamulah pemenangnya!!!!!!!ekspresi Debo saat menang...


dengan hadiah yang didapatnya, Dede sekarang bisa bikin rumah buat mamah dan keluarganya dan juga bikin studio musik sama beli mobil. hebat nyaaaa

Saya yang tadinya gigitin bibir saya dan meremas-remas bantal sambil komat-kamit minta sama Allah suapaya Debo yang jadi juara pun teriak histeris...
"YEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE....HOREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE ALHAMDULILLAH....DEBO MENAAAAAANG....DEBO MENAAAAANG....MAKASIH YA ALLAH, MAKASIH AYAH, MAKASIH IBU, MAKASIH MBA.....MAKSIH AYAH SMS BUAT DEBONYA...SAYANG AYAH DEH. MUACH MUACH!" masih teringat jelas. Itulah kata-kata yang keluar dari mulut saya sambil melihat Debo bersujud dan saya memeluk ayah erat. hehe
Yaaa...begitulah perjuangan Debo.
Panjang juga yah ceritanya?! Tapi belum selesai nih... Meskipun keinginan saya untuk bertatap dan mendukung langsung Debo di panggung Idola Cilik tidak pernah tersampaikan, Allah sungguh sayang pada saya, sehingga saya tetap bisa berjumpa dengan anak luar biasa ini.
Hari itu adalah hari saat saya bukan ingin bertemu dengan Debo, melainkan adik saya tercinta Verrys. 16 Mei 2009, acara Indonesian Movie Awards yang diadakan RCTI di Tennis Indoor Senayan itu menjadi tempat pertama kalinya saya bertemu dengan Debo. Sebenarnya, saya datang kesana bukan untuk bertemu dengan Debo, bahkan saya lupa kalau Debo mengisi acaraIMA tersebut, karena saya sudah janji dengan Verrys untuk datang kesana. Saya pun datang kesana sejak siang hari. Berniat untuk bertemu Verrys sebelum dia GR, tapi karena begitu ketatnya penjagaan dari miles dan RCTI, saya pun hanya dapat melihat adik saya itu dari jauh, sempat mendekatinyanya. Tapi karena takut dengan bunda, saya malah menjauh. Saat saya sedang menelfon Verrys di pintu C memintanya untuk keluar sebentar saja agar bertemu dengan VTC lainnya, tiba-tiba dari sebuah mobil turun seorang anak yang saya tahu itu adalah DEBO... Dan di depannya juga ada mamang Adi, Patton dan mamahnya. Saya pun mengakhiri obrolan saya dengan Verrys, karena dy tetap tidak berani keluar. Keika masuk ke belakang panggung, saya melihat dan bertemu begitu banyak artis. Dari Changcutters, Ungu, Raffi, Sandra Dewi, Joe Sandi, hingga Limbad. Saat menelusuri lorong di belakang panggung, tiba-tiba saya melihat mamang Adi, yang dibelakangnya menyusul mamah Patton, Patton dan Debo. Anak-anak VTC yang bersama saya, lebih banyak yang mengajak Patton untuk berfoto bersama, tetapi saya langsung mendekati Debo dan memberanikan diri untuk mengajaknya foto bareng. "Debooo, boleh foto bareng gak?" ajak saya. Sambil tersenyum, senyumnya manis banget beneran dia bilang "Boleh...".


1st time meet Debo.
meskipun gelap, tapi seneng banget ketemu Debo

Setelah foto dengan Debo, saya memegang pipinya yang chubby banget itu.. ih gemes banget sama ini anak, mana tetep senyum udah dipegang pipinya. Dan saya minta dy foto sekali lagi tapi sendirian "Debo, foto sekali lagi ya sendirian..". "Iya, boleh.." jawabnya sambil senyum dan bergaya.

SobadDebo forever deh buat Debo...

Ya begitulah first time ketemu Debo. Sebentar, tapi seneng. Karena sesuai dugaan, dia anak yang ramah dan bersahabat. Bukan cuma Debo yang baik, mamang Adi juga ramah.
Gak lama kemudian, 30 Juni 2009, saya kembali bertemu dengannya. Menyaksikan langsung dia tertawa gembira di acara Happy Song. Meskipun saya gak foto bareng dia. Kasian, udah kecapean... Tapi dapet fotonya dia lagi sendiri kan..hehe banyak lagi.


lagi ngapain de??? menghayati sekali kamu, sampe gak sadar kamera...hehe

Debonya udah kecapean...

Terus, bulan Juli, saya diajak rara ke rumah tante Ocha untuk main kerumahnya. Kebetulan Debo lagi pindah ke BSD, dan saat itu lagi numpang tinggal dulu di rumah tante Ocha untuk sementara waktu. Hari itu, saya pergi bersama Sari, Fariha dan Rara. Duuuh...BSD jauh yah?! hehe Tapi gak apa-apa ngisi waktu liburan ketemu Debo..hehe
Seneng deh, hari itu ngerujak bareng Debo dan SobadDebo. Debo doyan banget pedes ternyata. ckckck... Meskipun Debo banyak diam, karena dia emang pendiam kayaknya. Tapi kalo lagi iseng, ya ampun...parah. hehe shalatnya juga rajin lagi. Mamah Debo dan Mamang Adi baik banget, tante Ocha dan keluarganya juga. Mamah juga sempet ngajak kita buat dateng ke GOR SIMPRUG minggunya, Dede sama Patton bakal kesana, tapi sayang, aku gak bisa. hehehe
Siangnya, Debo lagi main PS sama Alif anaknya tante Ocha, nah kita disuruh ke atas untuk ikut main. Akhirnya liat Debo main PS deh. Dia lagi main tennis apa golf gitu. hehe lupa. Nah, pas lagi anaknya tante Ocha yang main, Debo iseng banget, mau ngelempar remote PS nya ke arah saya. Sampe kaget. Eh, ternyata ngajak becanda dia. hehehe dasar Debo.. Terus sempet denger suara live Debo tanpa microphone nyanyi "karena ku sang juaraaaaa....aku lah sang juaaraaaa...." sumpah keren banget.....banget.. dan banget! Terus dia juga sempet mainin drum anaknya tante Ocha. main gitar juga. Ih, ini anak bisa apa aja deh! heran...tapi kagum banget.
Begitulah, selanjutnya akhir-akhir ini saya sering dateng ke event nya Debo... Terutama karena Dede sering banget diundang ke Idola Cilik 3.
Debo itu emang bener-bener multitalented ya?! Terbukti, selain bisa solo, Debo berhasil gabung dengan ICIL DIVO yang beranggotakan Debo, Gabriel, Kiki, Patton, Obiet, Irsyad dan Cakka.


ICIL DIVO (Debo paling keren ah.....)

Dan belum lama ini Dede juga gabung dengan SUPER IDOLA yaitu bandnya Idola Cilik yang beranggotakan Debo dan Gabriel (vocalist), Ray (drummer), Ify (keyboardist), Cakka dan Aghni (gitarist) dan Zevana (basist) yang dipilih berdasarkan audisi internal RCTI.


SUPER IDOLA (tetep Debo yang paling keren....)

Debo, eberapa banyak pun orang yang gak suka sama Debo, yang jelek-jelekin Debo, saya gak peduli. Yang saya tau, Debo adalah anak istimewa yang amat sangat luar biasa. Tegar, sederhana, kuat, rendah hati, ramah, bersahabat dan multitalented. Seberapa banyak pun orang yang berkata Debo menang atas belas kasihan, saya gak akan peduli. Karena kenyataannya, Debo memiliki talenta besar yang tidak dimiliki anak lain ataupun peserta lainnya. Vocalnya yang khas, penjiwaannya yang begitu dalam, setiap lagu yang dibawakannya akan terasa sampai hati tanpa saya harus melihat wajahnya. Itulah Andryos Ariyanto yang lebih dikenal dengan Debo yang telah menjadi BINTANG YANG BERSINAR di hati SOBADDEBO dan keluarga. Semoga Dede makin banyak job, bikin album, dan sukses sekolahnya dan gak lupa sama Allah dan keluarga dan tetep rendah hati dan ramah seperti Debo yang pertama kali saya lihat. Amin.

7 Comments:

  1. pegaz littles said...
    setujuuuuu aku juga sangat salut ama itu anak ....aku juga uda buat lagu tentang dia dan siap di rangkumin...
    dia juga sumber inspirasi kami9...
    Ulfah Choiriyah said...
    :) like this....
    Ari wibowo GT@rix that always happy said...
    i like........
    leha uhug said...
    debo you are the best ... (y)
    leha uhug said...
    debo is the best ..(y)
    leha uhug said...
    deboooo you are the best ... (y)
    leha uhug said...
    mantapp

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Shinee - Minho