Blogger Template by Blogcrowds and Blogger Styles

.

*170609* with bungaghnicha

Pagi tadi kurang lebih jam setengah 4-an Ibu udah bangunin Fah. Itu karena kemaren malem Fah minta Ibu supaya bangunin bareng Ibu masak sebelum berangkat ke jawa paginya, buat bantu beres-beres, karena Fah juga pergi pagi-pagi banget. Tapi ternyata, Fah kebluk banget, baru bangun jam setengah 5 pas adzan subuh berkumandang. hehe.. Bangunlah akhirnya keluar kamar, ambil air putih, dan minum. Ibu ke kamar mandi buat mandi, akhirnya Fah nyapu dulu deh. Selesai nyapu, gag lama kemudian Ibu keluar kamar mandi. Gantian deh Fah yang mandi. Selesai mandi Fah buru-buru ganti baju dan sarapan. Hari ini Fah pake jilbab dan baju hijau sama rok hitam. Pagi ini Fah mau berangkat ke RS KANKER DHARMAIS nebeng sama Le Yatno sekalian kerja ke tangerang, jadi harus pagi-pagi. Gag lama setelah siap, Ibu juga udah siap berangkat dianter ayah ke stasiun bekasi, disana udah ada Le Mahmud yang pulkam bareng Ibu. Berangkatlah mereka.


Setelah siap semua, tepat jam 06.00 Fah berangkat ke pertigaan Barata naik angkot 07 karna sebelumnya udah janji sama Le Yatno jam 06.30 udah disana, daripada Fah telat dan ditinggal, akhirnya Fah berangkat lebih cepat. Sip, Fah nunggu agak lama sih, tapi gag apa-apa deh. Jam 06.37 akhirnya Le Yatno dateng juga. Fah langsung naik, dan langsung berangkat deh ke Dharmais. Gag nyangka, Dharmais jauh yah?! Di jalan Bunga mulai sms, mungkin karna udah jam 07.30 tapi Fah belum sms bilang udah deket. Fah bales aja Fah lagi di Monas, karna tadi abis liat Monas. *hehe..maklum gag tau jalan* Fah baru sampe Dharmais jam 07.40 kalo gag salah. Le Yatno nurunin Fah di depan Dharmais, dan pergi ke tempat kerjanya. Fah masuk ke dalem. Tadi Bunga bilang mau turun ke lobby setelah Fah sms kalo Fah udah deket. Fah sampe di lobby, degdegkan... Fah celingak celinguk sana sini, tapi Fah gag nemuin Bunga. Akhirnya Fah duduk di depan instalasi obat, bentar-bentar negok ke belakang, tapi gag ada juga Bunganya. Ya udah akhirnya liat hp aja. Terus Fah nengok lagi, eh eh eh.. di belakang ada cewek berjilbab putih pake baju merah dan rok merah garis-garis putih jalan. Fah udah bisa cukup ngenalin kalo itu Bunga. hehe... Fah mulai berekspresi dan mendekat sambil senyum-senyum cengar-cengir "Bungaaaa...." Fah bilang. "Kak Faaahhh.." Bunga juga bilang. Salaman deh kita...ahaaiii. Terus pegang" tangan gitu Fah masih gag percaya kalo akhirnya ketemu sama Bunga. Terus Fah diajak ke atas, ke tempat ayahnya dirawat, sambil jalan Bunga cerita-cerita soal ikhwan tampan si akang tea sampe Fah kasih judul buat filmnya KETIKA CINTA BERBUNGA DI DHARMAIS..haha. Seru banget. Sampe deh kita di lantai 4, kira Fah bakalan ketemu si akangnya Bunga itu, tapi kata Bunga, lagi belum ada, kemana yah?! Akhirnya masuk aja deh ke kamar ayahnya, kamar 408 *kalo gag salah baca dan inget* Disana, ada ayahnya Bunga dan kka'a. Ya Allah...ramah banget deh keluarganya :) Bunga ngenalin Fah ke mereka sambil Fah salim. ngobrol-ngobrol dan tanya-tanya tuh. Asik deh keluarganya Bunga baik dan lucu. Ayah Bunga bilang nanti Bunga perginya ditemenin kka'a, Mas Iban panggilannya, soalnya Bunga masih kecil, gag ngerti jalan, apalagi ke Jakarta sama Bekasi. Lumayan lama tuh Fah disana, sempet anter Bunga beli nasi uduk buat sarapan kka'a, liat-liat foto-foto sama video Bunga, Verrys, Ferdi waktu dy ke Belitong, ngobrol-ngobrol sama ayahnya Bunga, sampe akhirnya ketemu juga sama Mamanya Bunga sebelum berangkat ke blok M. Tapi peristiwa di Dharmais yang paling lucu buat Fah pas selesai dari anter Bunga beli nasi uduk. Pas balik ke kamar ayahnya Bunga, ternyata akangnya Bunga abis masang infus ke ayahnya, pas masuk, dy mau keluar, Fah sempet liat mukanya jelas banget, bener kata Bunga, cakep sih. haha, kyk kak ray nineball dikiiit....haha. Lucunya tuh, pas dy keluar, pas liat Bunga dy senyum ramaaah banget gitu ke Bunga. Setelah diceritain ayahnya Bunga, ternyata ayahnya Bunga cerita ke akangnya Bunga itu kalo Bunga ngefans sama dy...hahaha. Fah ketawa...ngecengin Bunga...haha. Bunganya malu-malu gitu.hihi

Hem, jam 09.30 Aghni mulai sms, tanya kita udah jalan belum ke blok M. Dy minta kita kalo bisa jangan telat...tapi emang dasar jam Indonesia kan karet semua..haha. Janji jam 10, malah jam 10 kita baru keluar RS buat ke blok M. Bukannya niat ditelatin, ini karena Bunga nunggu Mamanya dateng dulu, dan ternyata motor yang dikendarain Mama dan Tantenya Bunga tuh mati apa mogok gitu. Lupa. hehe. Jadi terpaksa kita telat.. Mana bus ke arah blok M cuma P45 sama P34 yang kyknya agak jarang deh, kita nunggu lama banget. Karena kita mikir P34 yang AC itu lebih aman, akhirnya kita pilih itu. Di bus, si Bunga sempet diliatin Bapak-bapak gitu, gag tau siapa, kata kka'a Bunga sih pengamen. Tapi kata Bunga dan Fah mengiyakan, Bapak-bapak itu orang gila. Bunga sampe ketakutan diliatin terus. Tapi akhirnya dy turun juga.hhhhh...

Jam 10.45 kayaknya kita sampe di blok M. Aghni bilang dy ada di jalur samping busway. Kita tadinya turun gag jauh dari situ, tapi karna Fah oon banget, Fah malah ngajak Bunga dan kka'a ke tempat yang lebih jauh dan salah. Akhirnya balik lagi, cari-cari bentar, dan Fah yang sebelumnya udah pernah ketemu Aghni jalan di depan dengan cepatnya untuk menemukannya *halaaaahhh..* dan ketemu juga sama Aghni yang sebelumnya udah ngasih tau kalo dy pake jilbab dan baju coklat celana hitam bersama temannya yang juga mau ke bekasi. Haha...mereka nunggu, lambai-lambaiin tangan gitu, dan berpelukkan *lebaaaiiii. ya enggaklah*. Dari jauh Fah senyum, Aghni juga gitu. Mulai mendekat, manggil deh "Aghniiii..." panggil Fah. "Kak Faaaah....Bungaaaa..." panggil Aghni. Bunga yang belum pernah ketemu Aghni dan emang daritadi penasaran banget sama bentuk si Master Matematika itu, mulai memperhatikan Aghni dari atas sampe bawah. Begitu juga Aghni. *hahaha...enggak deh kyknya..lebaiii banget si Fah!* Dan kita dikenalin sama temennya Aghni yang bernama Deby, dy mau ke Bekasi Square buat reunian sama temen SDnya. Agak lama nunggu bus ke arah Bekasi Barat AC05. Ngobrol-ngobrol dan bercanda dikit plus ngatur rencana nanti surprise-in Icha. Enggak nyangka setelah 6 bulan gag ketemu Aghni, bisa ketemu lagi. Haha.. kayak orang semesteran yah?! hihi

Akhirnya bus itu datang juga. *halaaaahhhhh... Jam 11 an gitu deh kalo gag salah. Berangkatlah kita ke Mall Metropolitan Bekasi. Icha mulai sms, dy berangkat juga katanya. Di bus, Aghni sama Deby paling heboh, si Bunga sampe ngeliatin mereka gitu..haha. Bingung dy, kira dy Aghni si Master Matematika itu pendiem gitu, gag taunya....gilaaa abiiisss. haha. Sama Nge, kka juga bingung...hihi *piss Ni.. Di bus, ada pengamen, cowok, sumpah keren abis suaranya. Dari pertama dy nyanyi udah asik gitu gayanya. Kayak bukan pengamen sembarangan. Kalo kata kka'a Bunga mirip Ipank. Kalo kata Bunga dy pengamen yang seniman gitu. Hoho.... Tapi emang bener keren kok..

Jam 12 an. Sampailah di depan MM Bekasi.Kita berempat *Fah, Bunga, Aghni dan kka'a Bunga*, sedangkan Deby masih lanjut ke Bekasi Square. Ya udah, kita turun. "Yeayyyy Bekasiiii...." Aghni teriak. Icha bilang dy udah sampe, malah mau makan sama Afi *adeknya* sama Papanya. Langsung Fah sms mencegah dy untuk makan. Oya, sebelumnya Fah belum cerita soal rencana kasih surprise ketemuan ini yah?! Jadi, ketemuan ini bukan cuma emang pengen ketemuan doang, tapi ketemuan sekalian kasih surprise ke Icha. Kalo Fah sendiri mau kasih surprise ini karena dy tuh suka gag percaya kalo bisa ketemuan sama semua VTC, terutama VTC terdekatnya Aghni. Nah, Fah mau buktiin ke dy, kalo dy pasti bisa ketemu sama semua asal dy punya keinginan dan mau ngewujudinnya. Jadi, sebenernya yang Icha tau mau ketemuan sama dy itu cuma Fah, kita janjian di MM Bekasi. Padahal dilain sisi, Fah, Aghni dan Bunga udah berdiskusi lewat conference call untuk kasi surprise yang tidak lain adalah Aghni dan Bunga sebagai surprisenya. Dan nanti kita akting-aktingan gitu deh, jadi pas udah bareng Icha, pas udah di depan J-Co dimana Aghni sama Bunga nunggu disana, Fah pura-pura berhenti dan angkat telepon. Diemin Icha sampe dy ngeliat dan nyadar kalo ada Aghni dan Bunga, nanti Aghni sama Bunga pura pura gag kenal gitu. hahaha
Oke, lanjut ya, akhirnya kita masuk tuh ke MM. Aghni sama Bunga dan kka'a, Fah suruh masuk lewat pintu 2 biar langsung ke J-Co nya lebih deket. Sementara Fah masuk lewat pintu 1, dan Fah minta Icha dateng ke pintu 1. Fah nunggu tuh. Dan akhirnya Icha sms bilang dy udah depan pojok busana, Fah masuk dan liat dari jauh, ada anak cewek pake celana jeans selutut dan pake kemeja kotak-kotak lengan pendek *khas banget anak SMP*. Fah nyamperin sambil bilang "Ichaaaa....". Icha juga manggil "Kak Faaahhh...". Jalan deh, Fah bilang aja "Cha, ke J-Co dulu aja yah?! Kakak lagi pengen J-Co". Icha mengiyakan. Ya udah jalan deh ke J-Co. Pa sudah deket J-Co nya, disana udah ada Aghni sama Bunga nunggu, makin deket, Fah berhenti pura-pura nerima telepon, sesuai rencana. Icha juga ikut berhenti. Fah pura-pura nerima telepon dari Ibu yang lagi ada di Jawa. Asik dah alasan makin komplit. Tapi, setelah lumayan lama pura-pura telepon, bahkan sampe Icha salah kirim sms ke no. Fah, Icha masih aja berkutik dengan hp-nya itu. Padahal Aghni sama Bunga udah dibelakangnya. Parah banget kan?! Fah terus aja nyerocos sendirian sama hp Fah, udah kayak orang gila banget deh. Geregetan banget sama Icha, dalam hati Fah sampe bilang "Cha, udah atuh main hp-nya...liat kanan-kiri depan-belakang kenapa?!". Tapi Icha gag perduli sama sekali... Akhirnya, Aghni sama Bunga ngagetin Icha dari belakang. Mungkin sama geregetannya sama Fah kali yah?! Pas dikagetin, mukanya Icha lucu banget... "siapa yah?" tanya Icha pas dikagetin Aghni. "Ya ampun Cha, ini gue, Aghni" jawab Aghni. Icha cengooo dan gag percaya. Fah nyengir-nyengir ketawain mereka. "Iya Cha, itu Aghni. Ini Bunga" timpal Fah sambil nunjuk ke Bunga. Icha tambah kaget aja. Masa iyah ada Aghni sama Bunga, gitu mungkin yang ada dipikirannya. Hahahaha... Ini kenyataan Cha.... percaya kan sekarang kita bisa ketemu?! :) Gag lama, kka'a Bunga dateng abis beli air di superindo. Udah, akhirnya kita ke mushola yang ada di basement nunggu Bunga sholat. Abis itu kita ke Gramedia, liat-liat buku. Tapi akhirnya enggak ada yang beli buku. Hahaha. Karena udah kelaperan, akhirnya kita makan. Dan tempat makan yang kita pilih adalah SOLARIA adanya di lantai 4. Makan deh kita, foto-foto autisan dan ngalay, bercanda, ketawa-ketawa...seruuuuu. Lama banget tuh kita disana. ckck. Terus abis itu sempet foto-foto di depan palang petunjuk. ckck... Abis itu kita ke MM2, anter kka'a Bunga yang ditunggu ceweknya di sana dan mereka ke SOLARIA lagi. Terus, disana kita fotobox deh. Mba-mba yang di fotobox'a sampe aneh gitu liat tingkah kita berempat. Huaaaaaaahh...panjang banget kalo diceritain semuanya. Sampe capek.
Inilah beberapa hasil autisnya kita:


Oyah, Fah seneng banget, akhirnya punya gelang samaan berempat sama mereka. Meskipun itu gelang sumpah jelek engga ketulungan yah! Tapi mudah"an aja Bunga, Afhni, Icha mau make atau paling enggak nyimpen gelang itu...Amin....

Fah bener-bener seneng banget hari ini. Meskipun capek dan lelah banget. Tapi seneng.... Coba adek, ikut juga...hahaha *ngareppp*
Dan Fah ngucapin makasih banget buat:
-Ibu sama Ayah yang udah ngizinin Fah ke Dharmais nebeng Le Yatno.
-Mba Elluth yang udah ngasih saran buat ke Dharmais nebeng Le Yatno.
-Le Yatno yang udah bersedia ditebengin keponakannya yang rese dan merepotkan ini.
-Bunga, Aghni, Icha yang udah mau ketemuan sama orang kayak kakak.
-Ayah dan Mamanya Bunga yang udah ngasih izin Bunga ke Bekasi.
-Mas Iban, kka'a Bunga yang udah mau nganterin, nemenin Bunga ke Bekasi dan bersedia motoin kita berempat kayak kurang kerjaan.
-Semua orang yang ada hubungannya sama kejadian ini deh! thx yaaaa....


Catatan Harian Khlor *part 2*

Pebruari 2009

Sejak kejadian natrium bertengkar dengan air, kampung SPU heboh di buatnya, begitu juga di laboratorium, para manusia lab itu tak henti-hentinya menggosipkan kekasihku natrium dan kabar itu sampailah pada kakakku flour. Tak disangka, ketika ia di pertemukan dengan H2O oleh manusia lab dia marah pada H2O. Sejak kejadian itu akupun kalau bertemu dengan istriku jadinya suka marah juga, begitu juga dengan adik-adikku,hanya sibungsu saja yang emosinya lebih stabil daripada kami . Dulu juga kalau bukan karena demi natrium aku tidak mau menikah dengannya, Ah…natrium lagi…natrium lagi, apa aku merasa kangen padanya? ah tidak…ini pasti hanya perasaan brsalah aku saja, tapi…duh natrium kemana sih lo? Gara-gara simagnesium yang selingkuh aku jadi merasa bersalah padamu, apa benar gosip yang beredar itu? Kalau kau juga selingkuh dengan nitrat, dengan karbonat, kenapa aku jadi tak rela?

Kuambil ponselku lalu kuhubungi dia, terdengar nada sapanya, lagu teganya rosa

tak ingatkah kau dulu pernah berjanji

bahagiakan diriku selamanya

tak berartikah cinta kita yang lalu

hingga kau bersama dengan dirinya

tega… Aku tahu dirimu kini telah ada yang memiliki

Tapi bagaimanakah dengan diriku…..

Duh…nat, jangan membuat aku terus merasa bersalah gini dong…

kupanggil beberapa kali tapi tak diangkat-angkat, baiklah aku kirim massage saja padanya

“Nat…aku tahu berat sekali bagimu menerima semua ini, tapi seperti yang sudah kujelaskan padamu, aku lakukan semua itu demi kamu nat, tapi kalau pada akhirnya akan begini..aku menyesal nat, aku takut kehilangan kamu, aku lakukan semua itu agar kau tahu kalau aku sayang sama kamu, berusaha menerimamu apa adanya dan mengerti dirimu seutuhnya, tolong kembalilah padaku, aku punya kejutan untukmu, bulan ini kau harus melakukan uji nyala”

Satu jam, dua jam, tiga jam ponselku belum berbunyi, tuhan…dia benar-benar meninggalkanku

Sejak itu natrium benar-benar menghilang, akupun panik mencarinya,kucoba ku cari kekalangan manusia sambil membantunya membuatkan plastik PVC, insektisida DDT atau kadang bersama selingkuhanku sekaligus adiknya kalium (KCl) membantu memupuk tanaman atau dengan amonium (NH4Cl) mengisi batu baterai, membuat pelarut untuk cat, membersihkan logam dari lemak, ry cleaning, pembutn klorat dan banyak yang lainnya.

Suatu sore ditepi laut, aku menatap senja. Dulu, jika natrium sedih dia suka berlari kesini, tapi sudah enam sore aku menunggunya dia tidak pernah datang. Kemana dia tuhan..? apa dia tahu kalau aku mencarinya, dasar wanita sialan…! kalau dia perlu, pasti dia datang lagi padaku, kenapa mesti kucari? tapi…bagaimana kalau dia benar-benar tidak datang lagi. Duh..natrium aku bisa mati kalau begini terus, padahal dulu kalau ada dia, senja itu rasanya sangat indah, kapan aku bisa menatap senja bersamanya lagi.

“khlor..”

Tiba-tiba seseorang memanggilku pelan, akupun segera membalikkan badan dan kulihat dia mematung disana

“Nat…!! aku tahu kamu pasti datang!”kataku sambil menghambur padanya dan memeluknya erat.

“Aku tahu, aku sudah mengubur semua ini dalam-dalam, bahkan sedalam palung hatiku bahkan lebih dalam lagi. Tapi, aku tak bisa lari dari bayangmu khlor. Setia atau tidak setia meski bukan itu yang diinginkan tapi kita pernah merasakan indahnya cinta kita, meskipun cinta itulah yang membuat kita sakit, tidak mati. Tapi lukanya membuat kita tak bisa berjalan lagi. Jadi meskipun kamu playboy khlor, meskipun kamu sangat menyebalkan, tapi aku sangat mencintai kamu ” kata natrium perlahan di telingaku, dan hatiku tersenyum senang.

Akupun seolah-olah merasakan bayangan masalaluku kembali, dulu dilautan lepas ini, aku bertemu dengan natrium yang terbawa banjir dari keluarga aluminosilikat dan aku jatuh cinta padanya dan dilautan lepas ini kudapatkan julukan halit (NaCl)

Maret 2009

Meski aku sudah janji pada natrium tidak akan selingkuh lagi, tapi perasaan ini tetap saja tidak bisa aku tahan, aku terus saja jatuh cinta dan terus saja selingkuh, benar-benar sifat ini tidak bisa aku hilangkan. Bagaimana tidak aku sikhlor dalam suhu biasa berwujud gas membuat semua unsur cantik mendekatiku dan tertarik padaku, apalagi ketika aku mencoba membujuk saudara-saudara natrium itu untuk uji nyala seperti natrium, membuatku pusing menentukan cewek mana pada akhirnya yang harus kupilih

April 2009

Agar natrium tidak bisa lagi lepas dariku akhirnya kuputuskan saja aku menikah dengannya, dengan bantuan istriku yang pertama akhirnya lahirlah anakku NaOH. Tapi meskipun aku sudah menikah lagi sifat playboyku terus saja berlangsung, hal itu membuat hubunganku dengan natrium renggang dia lebih menyibukkan dirinya sendiri dengan bakti sosialnya pada manusia sedang aku sibuk dengan unsur-unsur cantik disekelilingku. Benar kata natrium dulu, bahwa “Cintaku untuk sekian kekasih”

By: Halimah Pakot

http://www.chem-is-try.org/

Catatan Harian Khlor

Akhir januari 2009

“Tunggu aku ! sasuke!!” (teriak naruto dalam komik naruto uzumaki)

Bacaanku terhenti saat kudengar lagu selingkuhnya mattaband.

1 message masuk keponselku, dari kekasihku Natrium

Khlor…untuk saat ini, jangan hubungi aku dulu.Aku ingin menata perasaanku dulu, tapi aku masih tak percaya kalau kau akan semudah itu menghianati cinta kita, aku salah menilaimu khlor! Cintamu ternyata untuk sekian kekasih, gak perlu di balas”

Aku memang salah padamu nat, aku memang telah menghianati cinta kita, tapi perasaan ini selalu saja tak bisa aku tahan, padahal dulu ketika aku pertama kali melihatmu, dengan kulitmu yang putih, setengah mati aku mencintaimu, tapi entah kenapa ketika melihat saudara-saudaramu akupun tertarik pada mereka, apalagi setelah aku tahu dari manusia lab kalau klanmu, klan jauhmu alkali tanah , juga keluarga transisi mempunyai warna khas, aku semakin mabuk, aku tak bisa memahami perasaan ini, aku mencintai mereka semua nat, lagian aku si khlor unsur terkenal di kalangan manusia lab dan juga dari keluarga terhormat klan halogen membuatku banyak dikelilingi unsur-unsur cantik, jadi wajarlah kalau aku mudah sekali jatuh cinta dan selingkuh, apa kata-saudara-saudaraku kalau aku hanya punya kekasih satu , si bromin saja adikku selingkuhannya banyak sekali. Bisa jatuh dong wibawa seorang kakak.

Ah … dasar wanita!! Kamu kira dengan meninggalkanku aku akan merasa kehilangan, masih banyak yang ngantri menungguku tahu!!

“Senangnya dalam hati, kalau beristri dua

Oh seperti dunia ada yang punya,

Kepada istri tua, kanda sayang padamu

Oh kepada istri muda, I say I love you…”

Lagu merdu 3 Ahmad dani yang kujadikan nada dering ponselku membuyarkan lamunanku

“Hallo” teriakku

“Hai khlor…! ini aku magnesium” kata yang diseberang

“Hai nes…! ada apa?” tanyaku sedikit kesal

“Kau kenapa sayang? lagi kesal ya..apa masih kepikiran kejadian kemarin?”

“Kejadian apa?”

“Ya, apalagi kalau bukan kemarahan sinatrium itu, gila…heboh banget”

“Oh itu, enggak kok sayang,dia mang memalukan sih nyampe segitunya”

“Mmm…apa dia juga tahu, kalau aku juga selingkuhan kamu khlor?”

“Kayaknya enggak deh, untuk saat ini masih aman, saat ini dia cuma tahu kalau aku selingkuh sama saudara-saudaranya , lagian suruh siapa punya saudara cantik semua”

“He…he…dasar mata keranjang, tapi aku dengar kalau dia sudah tahu kalau kau pernah selingkuh sama adiku-adikku khlor”

“Oya…gak apa-apalah, itukan sudah resiko punya pacar ganteng ”

“Yeee”

“Oya, sore kita jalan yu, aku bete nih”

“Oke sampai ketemu khlor”

Telpon di tutup, sekilas wajah khlor berkelabat dimataku

“Ahh…” aku coba menepisnya

Sorenya aku pergi menemui magnesium, tapi baru saja sampai, kulihat dia pergi dengan si sulfat

“Ah…dasar cewek sialan!!”

By: Halimah Pakot

http://www.chem-is-try.org/

Catatan Harian Natrium *part 2*

Awal Maret 2009

Langit hampir meremang , sejuk mengelabu. Di barat masih kelihatan goresan-goresan warna merah lembut seperti lukisan hidup. Sisa pijaran matahari yang sudah begitu lelah .

Aku pandangi senja tuk kesekian kalinya, yang mulai di rangkul gelap.Aku jelajahi lautan lepas yang terhampar di depan mataku. Dulu diantara batu karang itu, pasir putih itu, aku bertemu dengannya tanpa dugaan sebelumnya.entah beberapa tahun kebelakang, aku bertemu dengan lelaki itu, lelaki yang pernah menumbuhkan bunga-bunga di hatiku sampai sekarang.Ya….lautan di depanku inilah yang telah membuat hati kami merah menyala dan tiba-tiba aku merasa kangen padanya …..kangen yang sangat menyiksa.Dan hatiku….hatiku bagai teriris darahnya menetes satu-satu hangat terasa menjelajari seluruh peredaran urat nadiku.

Aku merasa selama ini telah berada dalam sandiwara cinta yng memuakkan dan ingat hal itu aku ingin menangis…menangis selayaknya tangisan , tapi kali ini aku tak ingin menangis.Tidak!.rasanya itu harus diletakkan jauh-jauh di belakang sana / telah kugunakan sebagai aksesori kehidupan yang menghiasi dada kesabaranku selama ini.Tidak!.tangisan ini tak perlu lagi dan aku tak cukup mengerti , kenapa aku mesti mencintainya, kalau pada akhirnya cinta ini akan sirna juga.

“Aku terlanjur cinta kepadamu

Dan tlah kuberikan seluruh hatiku

tapi mengapa baru kini kau pertanyakan cintaku

akupun tak mengerti yang terjadi

apa salah dan kurangku padamu

kini terlambat sudah untuk dipersalahkan…..”

lagu pasha tiba-tiba mengalun lembut membuyarkan semua lamunanku, akupun segera membalikan badan. Disana kalium adikku berdiri mematung dengan mata sembab.

“Kenapa….? kenapa kau tak pernah cerita padaku kak…?”katanya tiba-tiba

“Maksudmu apa dhe..?” kataku pura-pura tak mengerti

“Kenapa kakak gak ngasih tahu kalau khlor itu pacar kakak..! kenapa juga gak ngasih tahu kalau dia sudah menghianati kita..!kenapa semuanya mesti begini,seandainya aku tahu dari dulu, kalau dia kekasih kakak , aku tidak akan mungkin jadi kekasihnya, maafkan aku…”katanya sambil menjatuhkan diri

“Sudahlah….aku gak ngasih tahu padamu, karena aku takut kamu kecewa dik, cukuplah aku yang merasakan ini semua” kataku perlahan

“Tapi aku sudah melabraknya kak, aku dipertemukan manusia lab dengannya, aku langsung melabraknya tanpa bertanya sebelumnya, sampai-sampai tempat kami dipertemukan langsung meledak”

“Apa yang kau lakukan..? khlor melakukan semua itu demi kita dhe..!”

“Aku tahu…!tapi aku merasa sebal padanya, dia sudah menyakiti kakak, aku, juga adik-adikku”

Aku menggelengkan kepala berusaha mengerti perasaannya, sebenarnya aku bukan gak mau menceritakan semuanya padanya, tapi sifatnya itu, aku kenal baik sifat-sifat adikku mereka rata-rata tidak bisa mengendalikan emosinya.

Akibat pertengkaranku dulu dengan air, juga peristiwa perkelahian kalium adikku, aku dan adikku dikenal oleh manusia lab itu sebagai unsur yang paling reaktif. Dan karena semua itu keluargaku pun semuanya jadi tahu dan membenci air sepanjang hayat hidupnya

Akhir Maret 2009

Ketika manusia-manusia lab itu tahu kalau kami klan alkali membenci air, mereka pun mencari solusi agar aku tidak berpapasan dengan air atau dengan oksigen, melalui percobaannya mereka pun akhirnya bisa mengetahui rahasiaku. Bahwa kemarahanku akan stabil jika mereka membuatkan kamarku khusus dari minyak tanah. Dan ada satu lagi rahasia keluargaku yang mereka ketahui yaitu latar belakang hidup kami. Bahwa kami klan alkali sebelum bermigrasi kekota SPU tinggal jauh dialam bebas. Aku yang paling dekat dengan kalium adikku tinggalnya dikerak bumi di keluraga tanah, batu-batuan, atau dikeluarga alumino silikat. Pengaruh cuaca, bencana alam membuat ionku dan ion adikku terlepas dari keluarga angkatku dan terbawa air kelaut. Tapi dibalik kecelakaan itu terselip hikmah, bahwa aku akhirnya bisa ketemu dengan khlor dan saling jatuh cinta.

Pertengahan April 2009

Dear …

Meskipun aku sangat membenci air tapi dia, maksudku air. Sangat baik padaku. Misalnya pada peristiwa ketika aku dan kekasihku khlor melakukan uji elektrolisis. Kebaikannya itu membuatku malu padanya ya…secara, engkau juga kan berpikir dia lebih berhak mendapatkan khlor daripada aku, tapi aku, aku tidak bisa memaafkan dia begitu saja. Setiap aku ingat kejadian itu rasanya aku ingin…menyakitinya, menjambak rambutnya atau membunuhnya. Karena kebaikannya itu aku jadi jarang jalan berdua sama khlor, paling kalau musim salju tiba aku pasti main ski dengannya untuk mencairkan salju, atau main ke industri sabun. Sekarang aku lebih menyibukkan diri dengan bakti sosial terhadap manusia misalnya membantu mereka dalam membuat Tetra Ethyl lead (TEL), mengisi lampu tabung untuk menerangi jalan atau kadang- kadang aku membantu manusia lab memisahkan logam-logam yang bertengkar.

By: Halimah Pakot

http://www.chem-is-try.org/


Aku Si Kecil Berkekuatan Dahsyat

Hai kenalkan namaku neutron, tapi teman-teman cukup memanggilku dengan nama kecilku saja n. Berat tubuhku mencapai 1,67 x 1024 g, kecil banget khan aku..!!.Tapi aku sangat di pentingkan banyak orang. Muatanku nol dan aku tinggal di sebuah rumah yang aku beri nama Atom. Aku punya adik bernama proton. Beratnya sama denganku hanya muatannya saja yang berbeda yaitu +1, aku dan adikku tinggal sekamar yaitu di kamar kami inti atom , selain adik aku juga punya kakak namanya elektron. Berat tubuhnya yaitu 9,11 x 10 28 g. Dengan muatan -1, sebagai kakak yang baik ia sangat sayang pada adik-adiknya. Bahkan tidurpun ia tidak sekamar dengan kami, tapi tidur di luar kamar kami dan menjaga kami dari segala macam bahaya. Tidak seperti manusia ,kami tidak mempunyai orang tua, kami tercipta dengan sendirinya di ruang tidur kami yang sering kami sebut dengan nama orbital. Orang-orang memanggil kami keluarga atom bromin , kalau keluarganya keluarga besar kami di sebut unsur bromin. Aku tinggal di jalan periode 4 nomer 35 blok v11A, alamat kotaku kota sistem periodik unsur (SPU).

Sebenarnya di kota SPU saat ini penduduknya mencapai 109 rumah, banyak banget khan..!! Kami semua bukan warga asli melainkan semuanya imigran dari luar. Yang tinggal se blok aja denganku ada empat unsur atau empat keluarga besar atom yaitu flour, klor, yodium, dan astatine. Sedang yang searah jalan rumahku mencapai 17 rumah diantaranya yang menjadi tetanggaku selenium dan kripton. Rumahku catnya berwarna kemerahan dan bangunannya berbentuk cairan aneh bukan? Tapi ada yang lebih aneh yaitu ada yang membuat rumahnya dari gas selain itu rumah kami kebanyakan dari logam buatan, hebat bukan? benar-benar ajaib…!

Setiap rumah di kota kami mempunyai sifat yang berbeda-beda dan itu mencerminkan penghuninya masing-masing, contohnya rumahku saja beratnya 80 kg dan berat jenisnya 3,12 g/cm3 dengan kerapatan 3,0 g/cm3 dan volume 23,5 cm3/mol dan jari-jari atom 115 serta jari-jari ion 195. Jika cuaca sedang panas rumahku akan meleleh pada suhu 3320 kelvin dan mendidih pada 59 0 kelvin, keelektronegatifannya mencapai 2,8 dengan energy ionisasi 1140 kj/mol dan afinitas electron 342 kj/mol biloknya -1,+3,+5, dan +7. Entalphi penguapanku 14,725 kj/mol dan entalphi pembentukan 5,286 kj/mol. Bentuk rumahku Kristal ortorombik berbau rangsang dan menusuk. Bangunan rumahku biasa berubah otomatis dari cairan menjadi gas diatomik dan ketika bangunan rumahku cairan orang-orang memanggil kami keluarga brom atau bromine atau Br. Tapi kalau bangunan rumah kami berubah menjadi gas mereka memanggil kami keluarga bromida.

Sesuai yang telah kukatakan di awal sebenarnya kami warga SPU adalah imigran semua. Keluargaku saja tempat lahirnya dulu di lautan lepas, lalu kami bermigrasi kesini setelah tahun 1826 ilmuan Antoine dan Jerome Balard menemukan kami , kami pun lantas bermigrasi kesini karena banyak sekali orang yang memburu kami . Kau tahu warga yang bermigrasi kekota SPU oleh banyak ilmuan di urutkan sesuai datangnya dulu jadi sebenarnya sebelum kami keluarga hidrogenlah yang paling pertama menduduki kota SPU. Urutan rumah kami ini sebenarnya riwayatnya di mulai dari waktu pertama kali di temukannya elektron kakakku.

Ceritanya begini menurut orang tua jaman dulu leluhur keluarga atom sebelum bermigrasi kekota SPU , ada dua orang ilmuan namanya leukippos dan democritos kejadiannya di tahun 500-400SM mereka menemukan rumah kami atom. Karena rumah kami itu terlalu kecil diameternya saja berkisar antara 30-150PM mereka pun berkomentar kalau atom itu bagian terkecil dari suatu zat.

Penelitiannya di lanjutkan Dalton di tahun 1776-1844 kata Dalton atom itu kecil seperti bola tak dapat di belah, tak dapat di ciptakan apalagi di musnahkan.Sejak saat itu kehidupan kami terganggu oleh manusia - manusia laboratorium itu. Di tahun 1879 seorang ilmuan bernama sir William Crookes melakukan sebuah percobaan kepada kami , dalam percobaannya Crookes menggunakan alat yang di sebut tabung sinar katoda atau tabung Crookes. Pada percobaan ini diperolehlah partikel sinar katoda yang bermuatan negative oleh G.J stoney di berilah nama elektron yaitu kakakku. Pada tahun 1897 sir Joseph J. Thompson menemukan angka banding muatan elektron kakak terhadap berat tubuhnya. Penemuan inii membuat Thompson melakukan percobaan yang di dasarkan pada sifat kakakku elektron dalam medan magnet dan medan listrik. Dan di tahun 1906 Robert A William berhasil menentukan harga muatannya melalui percobaan tetesan minyak, dengan di ketahuinya harga muatan maka berat tubuh kakakku pun akhirnya dapat di ketahui.

Setelah di temukannya kakakku lalu di lanjutkan dengan adikku proton . Adikku proton di temukan oleh Eugen Goldstein dengan melakukan percobaan seperti pada kakakku elektron tapi namanya diganti jadi percobaan sinar terusan karena memang alatnya seperti tabung crookes tapi di modifikasi sedikit.

Setelah kakak dan adikku di temukan , akhirnya akupun menyusul mereka. Aku di temukan oleh ilmuan yang bernama J. Chadwick dengan meradiasi lempeng lapis emas dengan sinar alpha (α) tahun 1932 setelah sebelumnya melalui percobaan yang di lakukan oleh Geigar, Marsden, dan Ernest Rutherford.

Pada tahun 1914 Henry Moseley mengetahui rahasia kami yaitu ternyata nomer rumah kami itu atau orang - orang bilang nomer atom menunjukkan jumlah adikku proton dalam kamar kami inti atom dia mengetahuinya lewat percobaan penembakan suatu anoda padat dengan sinar katoda di ketahuinya rahasia ini menyebabkan mereka para ilmuan tahu berat dari rumah-rumah kami keluarga atom begitu juga isotopnya .

Tahun 1885-1962 Neils Bohr murid dari Rutherford melanjutkan percobaan gurunya. Neils Bohr berkesimpulan bahwa atom terdiri dari inti yang bermuatan positif dan elektron bergerak mengelilingi inti dalam suatu orbit lingkaran, electron menempati orbitnya dengan tingkat energi tertentu dan ketika elektron berpindah ke orbit lain di sertai penyerapan dan pelepasan energi. Kemudian teori ini di lengkapi pleh broglis. Di tahun 1927 oleh Warner Heisenberg dengan teori ketidakpastiannya bahwa kedudukan elektron tidak dapat di tentukan yang ada hanya kebolehjadian tempat di mana elektron biasa di temukan di sebut orbital yaitu tempat tidur kami yang kemudian teori ini di lengkapi oleh Scrodinger di tahun 1926 ia mengajukan suatu persamaan gerak elektron kakakku dalam atom yang mempunyai sifat gelombang dan sifat partikel dalam arah tiga sistem koordinat cartesian . Berdasarkan temuan itu maka di kemukakan suatu model atom atau rumahku yang paling mutakhir atau model atom mekanika kuantum, pada model ini , pergerakan elektron kakakku dalam mengelilingi inti kamar kami di gambarkan dalam bentuk orbital-orbital atau awan elektron, dan penghunian elektron dalam orbital-orbital di terangkan daengan seperangkat bilangan kuantum , yang merupakan hasil kajian matematik terhadap penomena atom rumahku.

Itulah sejarah peradaban hidup kami kaum atom. Bertahun-tahun kami jadi bahan percoban para manusia laboratorium itu, maksudnya tidak lain hanya ingin membuktikan bahwa keberadaan kami itu ada. Memang kami tidak tampak oleh mata tapi kami memang terbukti ada. Dan ini semua tidak lepas dari partisipasi sang pencipta yang menciptakan kami. Meski kecil tapi pengalaman kami tidak kalah dengan manusia- manusia lab itu. Dari yang sifatnya kecil misal hujan asam,pencemaran lingkungan sampai peristiwa yang melegenda dan spektakuler.

Yang paling melegenda misalnya seperti pengalaman kami waktu menghancurkan Nagasaki, Hiroshima dan yang lainnya serta membunuh ribuan bahkan jutaan mahluk hidup lainnya. Bahkan karena peristiwa itu kami di jadikan sebuah motto oleh orang-orang bijak yang berbunyi “jadi orang itu harus seperti atom,kecil bahkan tidak terlihat tapi berkekuatan dahsyat“. Kami juga pernah meracuni dan membunuh ribuan manusia dalam kisah teluk minamata. Semua itu juga tidak lepas dari perintah tangan-tangan manusia lab yang tidak bertanggung jawab. Tapi banyak juga yang bertanggung jawab dan menyuruh kami pada kebaikan misalnya membantu manusia dalam menyelamatkan nyawanya dari tumor dan kanker. Membantu penerangan di jalan-jalan, atau membantu menyelamatkan mereka dari penyakit gondok serta banyak juga yang lainnya.

By: Halimah Pakot

http://www.chem-is-try.org/

Catatan Harian Natrium

AWAL JANUARI 2009

“Apakah itu cinta…apakah itu cinta…yang mampu melengkapi lubang di dalam hati….” Suara lagunya letto yang minggu ini kujadikan nada dering ponselku terus berbunyi, aku menggeliat malas dan mencoba membuka mataku yang terasa sangat berat. Tapi tiba-tiba kantukku mendadak hilang saat kulihat nama khlor kekasihku terpampang di layar ponsel

“Pagi honey…!” terdengar suaranya renyah di seberang sana

“Ada apa sih , pagi-pagi dah ganggu orang tidur ?” jawabku sedikit merajuk

“Lho…kau lupa ya nat,kita kan pagi-pagi mau jalan-jalan”

“Jalan-jalan kemana?”

“Ya biasa…pagi ini kita kedapur ibu-ibu untuk melejatkan masakan mereka, siangnya kita ke demo masak rudy choerudin”

“Kemakanan mulu, aku bosan nih, gak ikut ah”

“Lho kok gitu,terus gimana kalau anak -anak manusia itu gondokan semua? kan kita juga yang repot. Lagian kita kan pasangan yang paling serasi sekampung SPU nat, masa kita jalannya masing-masing, gak seru ah”

“Baiklah…baiklah Mr chlor”

Kututup telponku, kupandangi kamar minyak tanahku, “ahh…” aku berteriak . Sudah sejak lama aku jadian sama khlor,dia unsure yang paling ganteng yang pernah kulihat di kampung kami sistem periodik unsur di gang 3 blok V11 A dengan nomer rumahnya 17, bahkan kami mendapat peredikat pasangan paling serasi tahun ini.

Awalnya kami ketemu di lautan luas. Waktu itu dia senang sekali mentap senja. Dan jadilah kami pasangan yang serasi. Kami sering jalan berdua ke dapur-dapur penduduk atau ke pabrik-pabrik industri. Kami juga kadang mengenang perjumpaan kami di lautan lepas, ahh…indahnya. Tapi ada satu yang membuat hati ini kadang terbakar cemburu , ada kabar burung kalau dia selingkuh dengan molekul air. Bahkan menurut kabar terakhir yang aku dengar mereka telah menikah dan mempunyai anak yang bernama HCl, aku ingin melabrak air kalau perlu membunuhnya tapi aku tidak punya bukti makanya kalau aku dekat dengan dia aku langsung marah apalagi si oksigen yang masih sodara si molekul air suka mengompori aku,membuat kemarahanku langsung naik beberapa derajat.

AKHIR JANUARI 2009

Mataku sudah sembab tapi airmataku masih terus saja mengalir, hatiku sakit…sakit luar biasa, khlor kekasihku ternyata benar-benar menghianati cintaku, dia ternyata sudah menikah dengan molekul air dan mempunyai anak HCl dan ternyata selama ini juga dia punya affair dengan saudara-saudaraku seperti kalsium (CaCl2 ) , kalium (KCl) , barium (BaCl2) mereka itu berbohong di belakangku

Dasar mata keranjang!!!!

Aku ingat waktu itu, dia kekasihku khlor (apa masih pantas aku memanggilnya kekasih?) mengakui semua perbuatanya setelah tahu aku pernah memergokinya waktu dia di sebuah laboratorium jalan bersama. Dengan bantuan kelalaian manusia aku hampiri molekul air, aku marah padanya karena dia telah merebut khlor dariku. Aku berkelahi dengannya dan hasil perkelahian itu terjadilah kebakaran di tambah adanya oksigen yang terus memanasiku maka kemarahnku makin menjadi dan habislah laboratorium itu terbakar oleh kemarahanku

Aku pergi pada khlor dengan penuh kemarahan mempertanyakan alasannya kenapa dia selingkuh di belakangku

“Apa aku kurang sempurna di matamu khlor, sampai-sampai kau tega melakukan ini semua, awalnya aku kira ini hanyalah gosip para manusia lab itu tapi ternyata kau…kau memang benar-benar menghianatiku” semprotku sambil menangis.

“Semua ini kulakukan karena aku sayang kamu nat,” jawabnya.

“Apa kamu bilang? sayang aku? kamu selingkuh dan menikah dengannya karena sayang aku?”

“Iya nat, kau itu begitu sempurna di mataku, kau mempunyai sifat-sifat yang khas makanya aku tidak menikahimu karena aku takut nanti kau mengandung sehingga merusak kecantikanmu.Aku menikahi molekul air dan mempunyai anak Hcl itu tidak lain dengan satu tujuan .Kau tahu…kata para manusia lab itu kecantikanmu mempunyai warna khas beda dari unsur-unsur yang lain akan bisa terlihat oleh semua orang, asalkan ada senyawa lain yang bisa membantumu dan senyawa yang bias membantumu itu tidak lain adalah HCl anakku, si Hcl kecil akan membantumu melakukan uji nyala maka warna cantikmu itu dapat terlihat , apa kau tidak senang ? terlihat cantik dan di puja banyak orang” katanya panjang lebar smbil tersenyum

Untuk beberapa saat aku terdiam betapa baiknya dia, betapa dalam cintanya tapi jauh di lubuk hatiku aku masih merasa sakit padanya dan diam-diam aku bersumpah aku tidak akan memaafkan molekul air dan oksigen seumur hidupku,itu sumpahku..!

PERTENGAHAN PEBRUARI 2009

Sejak tahu kekasihku khlor selingkuh di belakangku, akupun mulai main mata dengan nitrat (NaNO 3), dengan karbonat (NaCO3) , dengan adiknya khlor , bromine (NaBr) dan banyak yang lainnya. Kadang akupun suka jalan sendirian tanpa di temani kekasih-kekasihku , aku bersama adikku kalium kadang membantu manusia . Ion-ion ku ikut memelihara keseimbangan osmosis dan pH darah dalam tubuh manusia.

AKHIR PEBRUARI 2009

Di akhir pebruari ini aku melakukan uji nyala.Awalnya aku tidak mau tapi karena desakan Chlor kekasihku yang katanya sayang ma aku, aku pun akhirnya mau melakukannya. Kalau manusia mungkin uji nyala itu analoginya semacam oprasi plastik kali.Waktu di uji nyala dengan bantuan HCl anak dari kekasihku khlor ternyata aku menghasilkan warna kuning. Aku jadi bertanya-tanya kenapa aku bisa berwarna dan kenapa warnaku yang nampak hanya kuning padahal warna itu kan banyak .Eh setelah kutanyakan pada manusia lab ternyata ketika di panaskan elektron dalam diri aku mengalami eksitasi.Saat elektron kembali kekedudukan semula akan melepaskan energi berupa energi cahaya dengan panjang gelombang tertentu. Jika panjang gelombang berada dalam daerah sinar tampak maka terlihat nyala yang berwarna tertentu.Dan kebetulan yang terjadi padaku panjang gelombang yang berada dalam daerah nampaknya warna kuning.itulah sebabnya aku berwarna kuning padahal warnaku banyak sekali.

By: Halimah Pakot

http://www.chem-is-try.org/

Molekul Baru di Angkasa


Penemuan dari dua campuran yang kompleks mengisyaratkan keaneka-ragaman bahan kimia yang bersembunyi di angkasa.

Suatu team riset internasional melakukan riset mendalam terhadap suatu awan yang berupa gas berada di pusat galaksi bima sakti dan mendeteksi adanya etil formate dan n-propyl sianida, dua di antara molekul organik paling kompleks yang pernah di amati di sistem luar matahari. Berdasarkan model komputer dan bukti spectroscopic bagaimana molekul dibentuk, ilmuwan percaya bahwa molekul dengan bahan kimia yang lebih kompleksitas lagi sedang menanti untuk ditemukan di angkasa.

Salah satu dari molekul itu adalah glycine, asam amino yang paling sederhana, yang terhindar dari pendeteksian sampai sekarang. Glycine adalah dua campuran yang memiliki ukuran dan kompleksitas yang sama dan kehadiran nya akan membantu memperkuat kecurigaan bahwa ilmu kimia prebiotik ada di sistem luar matahari kita.

Robin T. Garrod salah seorang anggota riset adalah seorang ahli astrokimia di Cornell University, mengumumkan penemuan pada 21 April 2009 pada waktu European Week of Astronomy & Space Science di University of Hertfordshire, di Inggris. Penelitian ini juga dilaporkan di jurnal Astronomi & Astrofisika (DOI: 10.1051/0004-6361/200811550).

Ulasan penemuan ahli Astrokimia Steven B.B. Charnley dari NASA’s Goddard Space Flight Center, di Greenbelt, Md., seperti yang dikatakan C&EN yang mendeteksi campuran ini membantu melepaskan cahaya baru dan bagaimana molekul yang kompleks dibentuk di angkasa dan ” dorongan untuk masa depan terhadap pencarian asam amino yang lebih tinggi, seperti halnya untuk nucleobases dan tanda heterocyclic mereka .”

Peneliti menggunakan spektroskopi millimeter gelombang panjang untuk mempelajari suatu awan tebal dari gas dan partikel debu yang dingin di daerah formasi bintang Sagittarius B2. Tempat ini di alam semesta telah menjadi suatu harta terpendam yang banyak terdapat molekul organic kecil yang berbeda jenis ( C&En, Juni 16, 2008, halaman 58). Meskipun demikian, mendeteksi etil formate dan n-propyl sianida sulit untuk ilmuwan sebab 36 garis spektrum mereka untuk dua campuran overlap dengan 3700 garis spektrum dari molekul banyak dideteksi orang.


http://www.chem-is-try.org/

Marie Maynard Daly


Marie Maynard Daly adalah wanita Amerika-Afrika pertama yang menerima gelar Ph. D. dalam bidang ilmu kimia. Ayahnya, Ivan C. Daly, kuliah di Universitas Cornell dengan harapan menjadi ahli kimia; namun karena ada masalah keuangan, maka ia tidak dapat menyelesaikan sarjananya. Kemudian ia bekerja sebagai tukang pos dan kemudian menikahi Helen Page. Marie adalah tiga bersaudara. Ia dilahirkan pada tanggal 16 April 1921 di Corona, Queens, New York. Mungkin karena kakeknya yang memiliki perpustakaan luar biasa, dan banyak waktu yang dihabiskan ibunya membacakan buku untuk Marie, maka ia menjadi sangat gemar membaca. Ia diarahkan pada buku-buku ilmu sains dan para ahli kimia, seperti Microbe Hunter (Pemburu mikroba) yang ditulis oleh Paul de Kruif. Ia lulus dari Sekolah Hunter College , yang merupakan sekolah putri di mana wanita muda yang bersemagat mengejar tujuan profesional dididik.

Agar bisa tetap di rumah, Marie Daly melanjutkan pendidikan ke Queens Colege di Flushing, New York, di mana ia lulus dengan magna cum laude pada tahun 1942 dengan gelas sarjana kimia. Ia tetap di Universitas Queens pada tahun berikutnya, bekerja sebagai asisten laboratorium sambil melanjutkan pendidikan di Universitas New York. Pada tahun 1943, ia mendapatkan gelas master dalam bidang kimia. Di bawah pengawasan Mary Letitia Caldwell, yang dikenal dalam penelitian enzim amilase, Daly mendapat gelar Ph. D dalam bidang kimia pada tahun 1947 di Universitas Columbia.

Daly menghabiskan dua tahun berikutnya sebagai dosen di Universitas Howard. Setelah mendapat dana bantuan untuk penelitian post-doktoral dari American Cancer Society (Himpunan Kanker Amerika), ia bergabung dengan A.E. Mirsky di Institut Rockefeller, di mana ia tinggal selama tujuh tahun. Penelitian post-doktoralnya meliputi studi komposisi dan metabolisme inti sel, menetapkan komposisi dasar asam nukleat deoksipentosa, dan menghitung kecepatan pengambilan glisin berlabel oleh komponen inti sel. Akhirnya ia menerima posisi di Universitas Columbia untuk mengajar biokimia pada kuliah kedokteran dan ahli bedah. Di sini ia memulai berkolaborasi dengan Quentin B. Deming. Pada tahun 1960, mereka pindah ke Universitas Yeshiva di fakultas ilmu kedokteran Albert Einstein., dan pada tahun 1971, Daly menjadi profesor rekanan.

Sebagai seorang profesor, penelitian awal Daly adalah mengenai studi metabolisme dinding arteri dan bagaimana proses ini terkait dengan proses penuaan, hipertensi dan aterosklerosis. Kemudian, ia mempelajari pengambilan, sintesis dan distribusi kreatin dalam struktur sel dan jaringan.

Pada tahun 1961, Marie Maynard Daly menikah dengan Vincent Clark. Ia pensiun dari fakultas Ilmu kedokteran Albert Einstein pada tahun 1986, dan pada tahun 1988 ia mendapatkan beasiswa untuk jurusan fisika dan kimia Amerika Afrika di Universitas Queens sebagai memoriam ayahnya.


http://www.chem-is-try.org/

bukan akhir...tapi awal....

Basi banget yah judulnya?!

Bodo dah, yang jelas saya senang sekali karna acara pelepasan dan perpisahan hari ini sukses! *sukses menurut saya...meski ada kesalahan teknis sedikit..*
Okeh, saya mau cerita acara yang udah kami *panitia* persiapin dengan perjuangan yg sangat keras.
Setelah UN berlalu, syamsul, sony, nugraha dan kawan lainnya *mantan OSIS 07-08 dulu* ngajakin untuk ngebicarain masalah acara akhir tahun kelas 12. Apa mau keluar kota, tetep disekolah, atau naas banget kyk tahun sebelumnya dan 5 tahun sebelumnya hanya dengan upacara bendera?! Oke, akhirnya kita pun mutusin untuk rapat seluruh anak kelas 12 angkatan ke-19 untuk minta pendapat mereka, mereka maunya gimana. Dan setelah berunding beberapa hari melalui rapat yg juga beberapa kali dilakukan, semua sepakat tahun ini angkatan 19 mau "PELEPASAN DAN PERPISAHAN" di sekolah dengan acara formal...sejenis wisudaan gitu deh!
Dan dipilihlah panitia inti acara tersebut:
Ketua: Syamsul Falah Akhmadi
Wakil: M. Sony
Sekretaris 1: Ulfah Choiriyah *it's mean = saya* gag pantes banget dah!
Sekretaris 2: Dian Ayu Utami
Bendahara: Muftia Sari *satu"nya bendahara, dan didampingi bendahara masing" kelas untuk membantunya.ckckck
Kalo panitia yang lain, saya lupa-lupa ingat *kuburan dooooong* siapa aja. Ada Falza, Lily, Laila, Nitya, Ade, Sari, Silvia, Dina, Dwi, Icha, Tuti, Atun, Uffih, banyak deh, lupa....hehe
Lanjut, setelah panitia kebentuk, proposal jadi, kita konsult ke pembina osis, waka kesiswaan, bahkan ke kepsek, masih aja ada hambatan. *saya gag bisa cerita hambatan itu gimana, saya gag mau seperti prita dituntut hanya karna curhat di blog sendiri...bahaya* hehehe
Yang jelas....akhirnya acara itu pun bisa berlangsung pada hari ini
Rabu, 10 Juni 2009
Hari ini seneng, karna akhirnya acara yang udah diperjuangkan selama ini dengan susah payah berhasil terlaksana...anak MAN 8 kalo didandanin cakep" juga yah....
yg cowok kerek" pake jas...haha. yg cewek cantik" pake kebaya... *thinks saya doang yang tetep jelek.*
hahaha...tapi saya juga sangat kesal dengan high heels yang bikin kaki saya lecet semua.....huh! benci high heels!!!
Dan ini salah satu foto saya bersama teman" tadi...

NB: kuning depan: Muftia, abu" depan: Dian, biru depan: saya, kuning belakang: lily, orange muda belakang: silvia


Laskar Pelangi dan Verrys Yamarno




Ini yang bikin Fah sering terkena syndrome....Yah, Laskar Pelangi dan Verrys Yamarno.









Waktu duduk di kelas XI, guru bahasa indonesia gue menceritakan sebuah kisah yang beliau baca dari sebuah novel karya Andrea Hirata di depan kelas. Gue dan teman teman saat itu sangat memperhatikan dengan baik, bahkan beberapa dari kita ada yang menitikkan air mata saat ibunda *panggilan sayang gue buat beliau* menceritakan lintang dan arai.
Pulang sekolah, gue langsung bilang sama ayah dan minta dibeliin novelnya yang kata ibunda tetralogi, berarti ada 4 dooong...Tapi ternyata yang baru terbit cuma 3 buku. Akhirnya beberapa hari kemudian, gue pergi ke gramed MM sama kka gue buat beli tuh buku, karna berhasil ngerayu ayah buat beliin....
Gue baca dan gue terbahak-bahak sendiri, sedih sendiri pas baca laskar pelangi...karna ujian kenaikan kelas, pembacaan sang pemimpi dan edensor pun terpaksa tertunda..tapi beberapa bulan kemudian rampung. Dan tetep cuma Laskar Pelangi yang bikin gue punya perasaan gag karuan...haha *lebaiii*
Gag lama kemudian, ibunda kasih info, kalo Laskar Pelangi bakal di film-in. WUAWWWWW...sempet takut gue, takut film'a gag banget deh kyk ***. Bahkan gue sempet ikut workshop Andrea di perguruan tinggi swasta *lupa namanya* di daerah Jak-Tim bareng ibunda juga.
Berbulan bulan nunggu, sampe akhirnya naik kelas XII, pas bulan puasa, gue sama Sari *biasa gue panggil kka booiii 2* main ke warnet pulang sekolah, buat ngabisin waktu nunggu maghrib. Tanpa di niatin *iseng-iseng* kka ngebuka google dan nulis Laskar Pelangi The Movie. Eh eh eh... gag taunya ada websitenya. Dibukalah sama dy *saat itu gue gag tau*. Trus kka langsung kasih tau gue "Fah, fah, LP...LP..." Gue yang emang berasa punya sinyal kalo udah denger kata LP waktu itu langsung ajah nengok ke kompi sebelah yg di pake kka boiii. Kita bareng-bareng deh liat para pemain LP yang kita tahu infonya yang main anak belitong asli semua...kayak apa ya anak belitong?! kita penasaran.
Scrollbar ditarik ke bawah....mulai muncullah Zulfany sebagai Ikal.. "oooh...ini ikal nanti...lucu yah?!" kata gue. "iyah." tanggp kka. Ke bawah lagi... "eh kak, cari lintang!" pinta gue. Ketemulah si Ferdian sebagai Lintang. "wah....ini toh si pinter lintang itu nanti. tampang cerdasnya ada banget si yah kak..." cerocos gue. "iyah, kulitnya anak laut". Lanjut, kka boii nemuin si Trapani yang diperankan Suharyadi Syah Ramadhan. "ini kan yang paling cakep itu yah fah?" tanya kka. "iyah, trapani. satu lagi ada yg ganteng juga, yg karnaval. Mahar, Mahar... cari Mahar kak".

Jeng jeng jeng.... *lebaiii banget yakz?!* Dan, ditemukanlah
VERRYS YAMARNO sebagai MAHAR. *foto ini pertama kalinya gue liat adek* "ih......imut banget" takjub gue. "iyah, lucu" tanggep kka. Nah, mulai dari situlah jatuh cintrong sama Verrys.
Trus liat" yang lain deh baru....Nah pas kita cari" juga ada info kalo di kick andy 2 minggu kemudian adalah Laskar Pelangi The Movie dan mereka akan di undang. Gue sontak besoknya bilang sama ibunda guru, dan promosi ke temen-temen buat nonton kick andy episode LP the movie. hahaha..*kyknya gue punya bakat tuh* meski gag banyak yang nonton pas malem-malem itu, tapi pas hari minggu banyak yang nonton...uuuuyeeeeaaaahhhh...*sumpah, lebaiiii lo fah!*
Gag lama kemudian, film LP keluar....gue udah janjian aja sama kka boiii buat ntn bareng di hari pertama di GIANT! Okeh, meski puasa....rela, ridha gue....
Tapi malang banget, hari itu emang penuhnya minta ampun dah bioskop gara-gara LP. Kita dapet jam pertama, jam 12:45, tapi masa di bangku yang gag banget deh, baris S booo... S....ih, kalo gag karna pengen banget nonton, ogah gue!
Pas gue liat poster LP, ih, mupeng banget gue liat mukanya si Verrys....astaghfirullah, gue kecanduan amat tuh anak dah.
Besoknya, gue nonton lagi bareng kka gue..kali ini cukup nyaman! Dapet jam 12:45, row H, seat 20. Tapi gag enaknya kka gue agak riweh dah! Dy gag baca novel LP, nanya mulu sama gue jadinya....Alhasil agak kurang menikmati...

Karna besoknya gue pulkam ke kebumen, gue menunda pencarian tentang Verrys. Pas udah di Bekasi, gue baru cari tau...bikin group fs VERRYSholic, ngeadd Verrys Yamarno Fans Club fs, yang sekarang jadi VTC. Bahkan sampe dapet nomernya dy. Huaaaaa....gag nyangka.
Dari Laskar pelangi, gue bisa kenal banyak temen, meskipun dari dunia maya dan kebanyakan usianya di bawah gue. Tapi gue nyaman. Soalnya kalo gue cerita sama temen-temen di sekolah, mereka kayak enggak percaya dan kayak males denger cerita gue tentang Verrys. Alhasil, VTC yang bikin gue nyaman untuk berbagi cerita tentang Verrys.
Bahkan, gue sama beberapa anak VTC udah kayak adek-kakak ajah. Dan mimpi gue untuk ketemu sama anak LP dan VERRYS tercapai...Alhamdulillah.....
Senengnya.....


Mimpi itu ajaib banget yah! Percaya dengan mimpi yang kita buat dan berusaha mewujudkannya itu pasti dikasih petunjuk sama Allah....
Syukran Jazilan ya Allah.....

people I love`part 1` *family*

Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang....
Subhanallah banget, syukur alhamdulillah banget Fah dilahirkan dengan dikelilingi orang" terkasih yang diciptakan Maha Kuasa buat Fah....


* Ibu (Rombiyati)
Best of the best mom in the world for me *n i think for my brotha n sista.
Semua kebaikan ada di ibu....cinta dan sayang selalu sama ibu....
Makasih ibu.....

~
Lagu Cinta untuk Ibu
Apa yang ku berikan untuk ibu
Untuk ibu tersayang Tak kumiliki sesuatu berharga
Untuk ibu tercinta Hanya ini kunyanyikan Senandung dari hatiku untuk ibu Hanya sebuah lagu sederhana
Lagu cintaku untuk ibu Walau tak dapat selalu kuungkapkan Kata cintaku tuk ibu Namun dengarlah hatiku berkata Sungguhku sayang padamu ibu Hanya ini kunyanyikan Senandung dari hatiku untuk ibu Hanya sebuah lagu sederhana
Lagu cintaku untuk ibu Oooooo.. Hanya ini kunyanyikan
Senandung dari hatiku untuk ibu Hanya sebuah lagu sederhana
Lagu cintaku untuk ibu Lagu cintaku untuk
Ibu...................................
~
~
Ibu
Sebening tetesan embun pagi Secerah sinarnya mentari Bila ku tatap wajahmu ibu Ada kehangatan di dalam hatiku Air wudlu selalu membasahimu Ayat suci selalu dikumandangkan Suara lembut penuh keluh dan kesah Berdoa untuk putra putrinya Oh ibuku Engkaulah wanita Yang kucinta selama hidupku Maafkan anakmu bila ada salah Pengorbananmu tanpa balas jasa Air wudlu selalu membasahimu Ayat suci selalu dikumandangkan Suara lembut penuh keluh dan kesah Berdoa untuk putra putrinya Oh ibuku Engkaulah wanita Yang kucinta selama hidupku Maafkan anakmu bila ada salah Pengorbananmu tanpa balas jasa Ya Allah Ampuni dosanya Sayangilah seperti menyayangiku Berilah ia kebahagiaan Di dunia juga di akhirat
~

* Ayah (Ahmad Buchori)
Begitu juga ayah, Ayah buat Fah Best of the best Dad in the world...
Semua pesan Ibu sama Ayah akan selalu Fah inget dan Fah laksanain semampu Fah....

~
Titip Rindu Buat Ayah
Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa
Benturan dan hempasan terpahat dikeningmu
Kau nampak tua dan lelah keringat mengucur deras
Namun kau tetap tabah
Meski nafasmu kadang tersengal
Memikul beban yang makin sarat kau tetap bertahan

Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar legam terbakar matahari
Kini kurus dan terbungkuk
Namun semangat tak pernah pudar
Meski langkahmu kadang gemetar kau tetap setia

Ayah...
Dalam hening sepi kurindu
Untuk menuai padi milik kita
Tapi kerinduan tinggal hanya kerinduan
Anakmu sekarang banyak menanggung beban

Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar legam terbakar matahari
Kini kurus dan terbungkuk
Namun semangat tak pernah pudar
Meski langkahmu kadang gemetar kau tetap setia
~
~
Yang Terbaik Bagimu
Teringat masa kecilku
Kau peluk dan kau manja
Indahnya saat itu
Buatku melambung disisimu terniang
Hangat nafas segar harum tubuhmu
Kau tuturkan segala
Mimpi-mimpi serta harapanmu

Kau inginku menjadi
Yang terbaik bagimu
Patuhi perintahmu
Songsong godaan yang mungkin kulakukan
Dalam waktu ku beranjak dewasa
Jangan sampai terpaku terbelenggu jatuh dan terinjak
Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya Ku terus berjanji tak kan khianati pintanya Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu Andaikan detik itu Kan bergulir kembali Ku rindukan suasana membasuh jiwaku Membahagiakan aku Yang haus akan kasih dan sayangmu Ku wujudkan segala sesuatu yang pernah terlewati

Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya Ku terus berjanji tak kan khianati pintanya Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu
~

* Aa Ciu (Syaichu Ali Yusni)
My old brotha...satu satunya kka cowok *kandung* yang Fah punya. Badung, bandel, jail, rese, itu dia. Tapi biar begitu Aa ngerti gimana Fah saat kesulitan dan keinginan Fah. Aa sosok kka yang cerdas banget buat Fah. Selain emang orangnya pinter.. Pengen punya kemampuan otak kayak Aa.. Tapi Fah cukup bersyukur dengan apa yang diberikan Allah sekarang, meski gag sepinter Aa.. Malah kalo sama semua gawat.
Sekarang kka Fah satu-satunya ini udah jadi dr. Selamet buat Aa... Semoga bisa mengamalkan ilmunya dengan baik di jalan Allah.. Amin...

* Mba Elluth (Elluth Nurfaizah)
My old sista..sama, satu satunya kka cewek *kandung* yang Fah punya. Jelas lah...Kita tiga bersaudara, dan Fah anak ketiga alias terakhir. Mba orang yang keras apalagi kalo udah maunya, harus maunya. Tapi itu justru yang paling bedain Aa, Mba sama Fah. Mba orang yang paling ulet diantara Aa sama Fah. Paling rajin dan paling keras dan serius keinginannya daripada Aa sama Fah yang agak abal abalan. Meskipun orang yang pertama kali kenal Mba pasti bilang jutek *emang iya siii...dikit* tapi aslinya enggak kok. Kalo udah kenal justru cerewet dan banyol.
Sekarang Mba bakal jadi apoteker, sesuai cita citanya. Selamet ya Mba.... Semoga bisa bantu orang banyak dengan ilmunya. Amin....

***

One and one I love my mother
Two and two I love my father
Three and three I love brother-sister
One, two, three I love my family
***


Sedih Fah nulisnya....nangis bombay..huaaaaaaa *lebaiii yah?!*
Fah sayaaang sama Ibu, Ayah, Aa, Mba...
Maafin Fah ya kalo sering bandel dan ngerepotin kalian semua...



Yang jelas ini baru part 1 people I love...
Tunggu kelanjutannya...

penghuni kelas??????

udah lama pengen ngepost ini...
tapi gag sempet sempet...*sok sibuk lo fah!*haha
okeh deh, dari judulnya gag horor kan??
ini bukan cerita misteri kok....
gue cuma mau cerita penghuni kelas gue yang.............................beuuuuhhhhhhh...kurang ajar minta ampun....tapi gue seneng banget deket mereka....haha.ya siapa lagi kalo bukan mereka, makhluk-makhluk aneh yg berada di XII IPA 2 (dan kali ini gue harus mengakui...termasuk diri gue yang aneh.karena cuma bunda kita yg waras dan bener...)hahaha :::::*simak baik" yaaah....*


1. Intan Irawati (Bunda tercinta)
Sosok guru yang sangat lembut dan penyayang, perhatian sama anak didiknya dan sabaaaaaaaaarrrrr banget. XII IPA 2 emang beruntung punya wali kelas Beliau..tapi sayang, kayaknya nasib sial buat Bunda karna jadi wali kelas XII IPA 2. hehehe..Bunda tercinta kita ini ngajar FISIKA. fisika kawan...fisika.....fisika....*lebaiii ah elo fah!* hahaha...pelajaran yg paling gag gue suka...tapi karna Bunda yg ngajar gue jadi suka....kenapa gag dari kelas X Bunda ngajar gue!!!Bunda nih, guru multitalent loh!kadang, Bunda bisa jadi psikolog handal buat kita" yg lagi ada masalah....Bundaaaaaaaa....cinta Bunda selaluuuu...:)










2. Aida Fitria
Cewek yang cewek banget kalo gue bilang, selain itu...bisa dibilang dy anak tertajir di kelas.hahaha. Kenal dari kelas X, cuma beda kelas. Gue 2 tahun sekelas sama ni anak...dari kelas XI sampe XII. Biasanya gue suka panggil 'Aichullll' atau yah normal 'Aida'. Anaknya baaaaaiiiik banget, kebangetan baik malah kalo dibilang. Cantik dan lucuuu. Gantiin posisi gue di kelas jadi bendahara. Kalo lagi nagih duit lucuuu...











3. Dewi Sastika
Dewi Sastika biasa dipanggil Tika. Cantik banget anaknya...solehah banget....subhanallah banget deh sama dy....:)
Punya adik kembar namanya Dewi Sasmita yang dipanggil Mita. Kalo manggil dua"nya jadi DEWI-DEWI.*untung grup vokal jebolannya ahmad dhani udah ganti jadi MAHA DEWI yah!*apa cobaaaa...
Dua anak kembar yang luar biasa. Kenal udah dari kelas X.gue X-2, mereka X-4. Baru mulai sekelas pas kelas XI IPA 2. Sekarang gue cuma sekelas sama Tika nya, Mita di IPA 1. Anak yang selalu dipuji" semua guru di sekolah. Tapi emang bener...pujian itu layak untuk mereka. Sama" cerdas, cantik, sholehah, baik, sabar, lembut...aaarrrggghhhhh...pokoknya tipe cewek idaman deh!
Pas kelas XII ini aja, dy sakit. Tapi yaaa.....dy kan udah gag masuk lamaaaa banget karna thypus, eh pas masuk" dapet nilai paling tinggi coba. ckckckck....mupeng banget gue.
Nih, kembarannya.....bedain yaaa..!!!

ini Mita....








4. Een Suhainah
Biasa dipanggil Een. Anaknya baik, dan rajin bersihin kelas....hahaha.
Gag banyak yang bisa gue deskripsiin, coz gue sendiri gag terlalu deket. Yang jelas, Een anaknya asik.















5. Elmi Jahrial
Si matematikawati XII IPA 2...sumpah, pinter banget matematika ni orang....pelajaran lain juga sii...pernah dapet juara pula di olimpiade matematika se-jakarta timur...ckckck..*kapan gue kyk gituu?!*
Anaknya gag banyak ngomong, mungkin bisa dibilang banyak bekerja sedikit bicara widiwwwhhhh...berisi banget tuh kalo ngomong...ckckck. Elmi biasa dipanggil 'Chemmy' sama anak" sekelas...bahkan luar kelas. Dan asiknya, dy pinter gag cuma buat dirinya sendiri tapi juga buat orang lain.









6. Herwin Hanafiah
Kepala suku XII IPA 2. Biasa dipanggil 'Ewin'. Anak yang cerdas...tapi ngeselin. haha *piss win...* Anak turunan Padang gitu deeehhh...
Yang bikin salut, ni anak jauh banget loh sekolah. Rumah dy di Tambun-Bekasi. Tapi sekolah malah di MAN 8 Jakarta Timur....dulu hampir tiap pagi telat...*wajar siiyy...rumah-sekolah jauh acan.macet gila-gilaan cakung kan.*
Kalo maju ke depan buat persentasi atau apa yah, keringetnya banyak banget...hahahaha... Dy bilang si itu bawaan lahir, emang keringetan.
Gag apa" win...sama kaleeee...hahaha
Dan kepala suku kita ini jadi cowok paling normal di IPA 2 karna yg lain rada" abnormal bahkan ada yg beneran abnormal..




7. La Muhammad Kahfi Wabula
Kahfi, itu panggilan normalnya. Kalo gue kadang manggil 'Kapot' gara" dy manggil gue 'Ulpaaa' bukan Ulfah!hemmm...
Anak asal Bhuton-Sulawesi ini juga cerdas. 3 tahun sekelas sama gue. *boseeeennnn Fi ama elo!*haha
Selain pinter, ni anak juga jagoo banget olahraga, contoh bola, volley, lari. Hebat euy....
Tapi, Kahfi tuh agak lebaiiii kalo ngelawak. Padahal dy yah tanpa lebaii pun, ngomong biasa aja, orang juga udah ketawa...haha*kasian kau Kahf...*
Kahfi tuh sejolinya Ewin di XII IPA 2. Cuma Kahfi setengah abnormal kali yah.... Kadang tingkahnya aneh dan bikin geliii anak" sekelas..






8. Muftia Sari
Tia, sahabat terbaik gue.hehe..
Kenal dari smp, tapi belum pernah ngobrol bahkan ngomong. Baru kenal pas masuk MAN 8, dan ternyata sekelas di X-2, yah karna sama" dari SMP yang sama, jadi makin deket.
Anaknya baik yg jelas, tapi nyebelinnya juga banyak...*haha, piss tia*, pinter, kalo udah kenal cerewet, tanggep, kelewat rapiii, tapi nyebelinnya suka males kalo udah males sama yang gag dy mau. Misalnya, dy gag suka banget gambar, dy ogah banget tuh. Kadang suka nyuruh orang buatin.ckckck...
Dan kelewat rapiinya kadang nyebelin. Udah rapii masih aja dibilang belum rapii sama dy.*kelewatan*
Temen cerita yang asik. Gue kalo kemana" sma dy. Sampe suka diledekin sama guru, berduaaaa mulu. hahaha..*bagus kan, akrab, daripada berantem* Tapi yaa, kalo kita lagi diskusi, menurut kita ituh biasa, diskusi biasa, tapi orang lain bilangnya kita lagi berantem. ckckckck... Pada gag ngerti diskusi mereka.


9. Uffih Maryani
Kembaran gue.hahaha*kagak ada miripnya acan yah!* Cuma kembar huruf depan nama kok... Kembar U, itulah kita...Uffih-Ulfah. Kenapa begitu??coz, di IPA 2 cuma ada dua nama yang huruf depannya U, saking 'gag' kreatifnya yah, kita bikin kembar U deh...
Uffih 2 tahun sekelas sama gue. Tapi sebelumnya waktu kelas X pernah ikut lomba KIR bareng di TMII. Padahal dy anak PASKIBRA. Mulailah kenal disitu... Anaknya lucuuu banget, periang, dan sabar banget. Kalo dikatain, biasaaa aja. Sering banget dikerjain sama Pak Herry, guru olahraga, yang kalo gue bilang mirip sama Uffih...jadi kayak Bapak-Anak.haha
Yang jelas, rameee banget suasana kelas juga gara" dy. Kalo UAS dan ujian apa", dy jadi partner gituuu...haha





10. Ulfah Choiriyah
Kalo yang ini gue gag bisa deskripsiin...secara diri gue sendiri... Yang jelas di kelas suara gue termasuk golongan anak" gag tau diri...gag bisa jaga suara, dari kelas gue ampe kelas lain, pasti kedengeran suara gue...haha*mantep kan?!*

11. Maretha Syahbania
Biasa dipanggil 'Etha', salah satu anak tertajir juga di kelas. Anaknya baik, tapi gue gag deket sama dy.

















12. Miftah Farid
Hahahaha...anak aneh! Biasa dipanggil 'Ambon'. Sering banget digosipin sama cewek" di kelas, bahkan di luar kelas. *yang gue kasianin cewek"nya bukan dynya.haha..piss Mbon* Udah gitu, kalo digosipin, dynya kayak kesenengan gitu...ya iya lah....ceweknya cakep!
Tukang tidur di kelas. Gila yaah, pas UN, bayangin deh, UN, masa dy tidur.....Astaghfirullah...mending udah selese gitu yah...ini belom. Ketauan pula sama pengawas.ckckck...Mbon...Mbon....
Aneh dan pede abissss...
Dan satu lagi, gue gag betah banget, duduk deket ama nih anak, pengen nangis kalo ampe deket.huaaaaa ****tapi gue gag bisa bilang kenapa.aib....






13. Novita Dewi Haryono
Biasa gue panggil 'Vita'. Klao diledekin jadi M.T. Haryono *gag tau?itu loooh nama pahlawan revolusi* jadi namaya Movita Tewi Haryono. haha...*garing yah?!* Vita tuh jagooo senam, lentur gituh kayak karet badannya.hahaha. Olahraga lain juga bisa loooh.














14. Nurjuhairiah
Biasa dipanggil 'Juju'. Anaknya baik pastinya...IPA 2 apa yang gag baik...hehe
Gag begitu deket juga sama dy...hehe
















15. Nurhajizah
'Ijeh' itu panggilannya. Jadi bulan"an anak" dengan dikatain istrinya si Ambon. *sabar ya ijeh....* 3 tahun sekelas sama dy. Dan dy selalu jadi temen berantem gue *berantem omongan*. Sok"an main jutel"an gituuu deh.
Ni anak jarang banget nonton tv...ampe kesel gue nyuruh dy nonton tv. hahaha
Tapi sesungguhnya kita tuh gag pernah marahan, cuma main jutek"an aja, seru"an gituu...hehe


16. Nurhayatun Nufus Anarisma
Ini dy biangnya rameee di IPA 2. Biasa dipanggil 'Atun'. Tapi kadang suka gue panggil 'Tante boooiiii' atau 'apem'. Anaknya baik dan asik banget. Lucu dan periang banget. Orang yang suka banget manggil gue 'molen' atau ikut"an Dian manggil gue 'adek booiii'... Setara sama gue karna punya suara yang menggelegar.. Anaknya juga lincah banget..kesana kemari kayak apa tau.














17. Lili Munthamah
Lili, buat gue anaknya pendiem banget. Mungkin karna gue gag deket kali yah...
Kalem pula...dan keliatan cewek banget.








18. Lia Setyarini
Lia, orangnya bongsor, tinggi. Sering banget telat. Hampir tiap hari malah.ckckck...*berapa tuh poinnya?!* Anaknya juga baik.
















19. Oki Glenn Armadi
Anak aneh juga. 2 tahun sekelas sama dy, waktu kelas X dan XII. Punya rambut khas, keribo gituu.. Anaknya lucuuu banget kalo lagi becanda, asik. Dan kalo grafity...keren! Tapi sayang, males.
Yang sempet bikin gue heran, pas UN..sorenya dy malah jalan" plus nonton sama ceweknya yang juga satu sekolah sama kita, anak IPA 1.









20. Putri Lestari
Putri, 3 tahun sekelas sama dy. Anaknya agak tertutup. Tapi kalo ada yang ngedeketin, dy mau cerita. Anaknya juga baik, mau nganterin kemana aja. Tapi, yang gue gag suka, dy kurang mau usaha. Padahal dy sebenernya bisa.















21. Qolidina Noviani
Dina, itu panggilannya. Anaknya polos banget, tadinyaa....*sekarang udah terkontaminasi banget*
Gue sekelas 3 tahun sama dy. Dina juga sahabat baik gue. Anaknya baik dan asik. Tapi dy anak yang tingkahnya teraneh yang pernah gue temuin. Lucu sih tapinya...sampe bikin ngakak dan sakit perut. Bahkan kalo dy cerita, gue ngakak suka gag karuan.
Dy tuh gampang banget kebawa orang. Anaknya suka belagu, tapi sebenernya penakut. haha










22. Sivia Damayanti
Kakak gue tersayang....hehe*padahal umur tuaan gue*
Biasa gue panggil 'Kak Civ' karna dy suka dipanggil Civi. Kakak tuh baaaaiiiikkk banget, rajin banget, pengertian dan perhatian pula. Yang paling bikin gue salut, kka gue ini orang yang gag gampang nyerah dan selalu mau berusaha.
Kakak tuh klop banget sama Dina. Mungkin karna dari kelas X emang deket sama Dina juga...
Kalo udah becanda berdua Dina, wuuuiiihhhh....rame banget, ketawanya ngakak banget.










23. Rizal Sanusi
Ini anak luar biasa...karna dy paling abnormal. Anaknya kayak orang mabok.haha*piss Jal*
Kalo ngomong juga gag jelas, dan selengean banget! AMpe bikin guru" gondok. Sering banget alpa.
Tapi yah, sebenernya dy tuh pinter banget....cuma sayang, malesnya gag ketulungan ngalahin kepinterannya deh. ckckck












24. Ria Mahardika

Ria anaknya baik, asik, dan gag banyak omong. Sering banget ngucap kata 'maaf'. subhanallah...
Ria tuh juga cantik, pinter dan imut banget. Kecil kecil cabe rawit. Kecil" gitu, tenaganya gede....dahsyaaat!
Yang buat gue kaget, ternyata bapaknya dy sama ayah gue satu perusahaan cuma beda tempat. Ayah gue di Bekasi. Bapaknya di Cakung.












25. Satria Arif

Sama anehnya sama Oki, Ambon dan Rizal...
Sering banget jadi incerannya duru
...
















26. Tuti Hafzah
Biasa dipanggil Tuti. Aaknya narsis banget..liat aja kedo m. Jago qori'ah...

















27. Setyaningsih
Biasa dipanggil 'Ning'. Sering banget berantem sama dy.
Hahaha...temenannya ditardirkan untuk selalu berantem.
palagi waktu musim IC.hemmmm...
Ning tuh selalu dateng paling pagi di kelas...*kerajinan ning...















28. Vina Nur Aminah


Fina, Spiritus, Bnesin, Premium, Pertamax, Minyak tanah...itu panggilan gue ke dy...hahaha*malang deh fih...ahahah
Sobat perjuangan selama UN dan Us.:)














29. Widi Akmalia

Widi, anak yang narsis abis....cantik dan baik. Tapi kadang suka lebaiii dan berisik.
Pernah jadi sekretaris 2 OSIS.
















30. Wahyu Chafifah

Biasa dipanggil 'Wafy'. Suka girang sendiri gag jelas. *soalnya gue gag ngerti*
Anaknya baik dan berisik juga.





31. Wildanun Sawiyah
Biasa dipanggil 'Unun'. Atau akhir" ini gue panggil 'Mamanya mufti'. Sama" paling singset di kelas, jadi anak-ibu deh mereka.
Anaknya rame dan berisik. Tapi seruuu.















32. Yulia Deviana
Yulia, itu panggilannya. Tapi suka dipanggil 'Jupe' juga kalo pada ngeledekin. Anaknya rame dan berisik. Jadi orang yang mula"in ngegosipin Ijeh sama Ambon.ckckckck..*Yulia, tega nian kau dengan ijeh*
Sekretaris kelas....tulisannya rapiii banget.
Kalo kata gue sih, agak sinetron holic.haha...apal banget ma sinetron dan tau ceritanya...ckckckck












yang jelas, gue bahagiaaaaa banget berada di XII IPA 2. meskipun awalnya sebel karna kepisah sama dua sahabat gue di XII IPA 1, Dian sama Lily. Tapi, Allah emang adil dan bijaksana. Meskipun menurut kita gag enak, pasti ada maksud baik dari Allah buat kita....SUBHANALLAH....
semoga XII IPA 2 gag akan lupa sama kenangan kita selama di kelas. berisiknya...ramenya...gag bisa diemnya...sampe bikin guru yang masuk kelas mau pulang ajaaaa....love u XII IPA 2.....:)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Shinee - Minho